oleh

Tawheeda, Gadis India yang Punya Telapak Kaki Ukuran Raksasa

Kabar6-Ukuran kaki yang dimiliki Tawheeda Jan (21) sungguh tidak biasa. Rupanya gadis asal Soi-Pathri, desa terpencil di Kashmir, India, mengalami elephantiasis yaitu infeksi parasit yang membuat kakinya tumbuh dengan ukuran yang sangat tidak normal.

Karena ukuran kakinya yang luar biasa ini, melansir storytrender, Tawheeda mengaku tidak pernah memakai sepatu. Kaki Tawheeda memiliki panjang 30 cm dan lebar 18 cm. Kakinya juga terlihat membengkak dan memiliki bobot yang luar biasa. Gadis ini pun harus jalan dengan bertelanjang kaki setiap hari meskipun terkadang saat musim dingin desanya ditutupi oleh salju setebal tiga meter.

Dikatakan ayah Tawheeda yang bernama Hamid Wagay, saat usia sang anak masih balita, ukuran kakinya bahkan sudah lebih besar dari ukuran kaki orang dewasa. Sejak saat itulah mereka tak mampu mendapatkan sandal atau sepatu yang cocok untuk ukuran kaki Tawheeda dan membuatnya harus bertelanjang kaki setiap hari.

“Tawheeda terlahir dengan kaki membengkak. Kini, ia bahkan tetap harus bertelanjang kaki meskipun berjalan di atas salju yang memiliki suhu di bawah 0 derajat Celcius atau di atas tanah yang sangat panas saat musim panas,” jelas Hamid. ** Baca juga: Aneh, Seorang Wanita Asal Inggris Hamil Selama 9 Tahun

Saat usianya mencapai 14 tahun, Tawheeda harus menjalani operasi untuk memotong jari-jari kakinya demi mencegah ukuran kakinya bertambah semakin besar. Namun, prosedur operasi ini justru membuat kakinya semakin membengkak parah sehingga kesulitan untuk berjalan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru