oleh

Tato Bisa Picu Kanker?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Rajah atau tato adalah suatu tanda yang dibuat dengan memasukkan pigmen ke dalam kulit. Dalam istilah teknis, rajah adalah implantasi pigmen mikro. Rajah dapat dibuat terhadap kulit manusia atau hewan.

Nah, sebuah studi baru menunjukkan bahwa beberapa tinta yang digunakan sebagai bahan tato ternyata mengandung racun dan tidak mustahil mengundang kanker.

Sebuah badan bernama ECHA (The European Chemicals Agency), dikutip dari Harpers Bazaar, bahkan telah mengeluarkan peringatan mengenai komposisi tato tertentu seperti tinta warna merah yang bisa menyebabkan bahaya kematian.

ECHA juga melaporkan bahwa pigmen hitam, biru, dan hijau pada sebuah tato dapat menimbulkan reaksi alergi, termasuk di antaranya gejala gatal-gatal yang tak akan hilang selama bertahun-tahun lamanya.

Tinta berkualitas yang diimpor dari Tiongkok itu diduga kuat merupakan biang dari segala macam masalah kesehatan yang diasosiasikan dengan fenomena tato.

Meski beberapa riset langsung yang dilakukan pada individu bertato tak pernah menunjukkan adanya akibat langsung antara tato tersebut dengan penyakit kanker, ada baiknya untuk menanyakan terlebih dahulu soal asal usul peralatan yang digunakan sebelum salah satu bagian tubuh Anda ditato. ** Baca juga: Beberapa Hal yang Bisa Bikin Tulang Keropos

Ingat, hindari pula menato area kulit yang memiliki tahi lalat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru