oleh

Target Zakat Tangsel 2012 Capai Rp 2 Milyar

Kabar6-Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) setiap bulannya menerima zakat sebesar Rp 45 juta dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) setempat. Pada tahun 2012 ini target yang ingin dicapai dari perolehan zakat sebesar Rp 2 Milyar.

Demikian hal tersebut disampaikan Ketua Bazda Kota Tangsel, Endang Saefudin, di kantornya, Rabu, (25/7/20012). “Hasil dari zakat fitrah akan kita salurkan kepada yang mendapat berhak,” ungkap Endang.

Dia menjelaskan, target perolehan yang telah ditetapkan pada tahun 2012 ini meningkat dari periode sebelumnya. Tahun 2009, menurut Endang, target zakat sebesar Rp 500 juta dan tahun 2010 target Rp 1,1 Milyar serta tahun 2011 target mencapai Rp 1,7 miliar.

“Setiap tahun target kita tingkatkan, karena potensinya cukup besar,” ujar Endang. Pihaknya juga telah menetapkan untuk zakat fitrah dikenakan Rp 25 ribu atau 3,5 liter beras. Sedangkan, lembaga ini telah menyebarkan 750 ribu ku[pon kepada Muzakki (pemberi zakat-red).

Meski demikian, sambung Endang pengumpulan zakat bukan tanpa hambatan. Bahkan, pengumpulan zakat dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) tidak maksimal. Hal tersebut dikarenakan masyarakat memberikan zakat memakai pola lama, diantaranya zakat diberikan ke guru ngaji dan dukun beranak.

Kemudian, banyaknya lembaga zakat selain BAZDA yang membuka layanan zakat bagi warga. “Meskipun kondisinya seperti itu, kita tetap maksimal dalam mengumpulkan zakat,” katanya.

Bazda Kota Tangsel, kata Endang di tahun 2011 telah menyalurkan zakat yang terkumpul sebesar Rp 1,6 miliar. Penyaluran tersebut dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama pada bulan Februari-Maret.

Sedangkan, tahap kedua Mei-Juni. Penyaluran zakat diantaranya untuk bedah rumah, bantuan kesehatan, bantyuan pendidikan (beasiswa-red), bantuan gurungaji dan TPA/TPQ, bantuan muallaf dan dhuafa serta bantuan untuk peningkatan sarana ibadah.

“Bahkan, saat ini semua dinas dilingkup Pemkot Tangsel setiap bulannya memberikan zakat sebesar Rp 45 juta,” ujarnya. Menurutnya sejauh ini kesadaran masyarakat Tangsel untuk berzakat memang sudah bagus, walaupun masih banyak yang berzakat dengan masing-masing.(ymw)

Berita Terbaru