oleh

Tantangan TikTok Picu Pencurian Mobil Merajalela di AS

Kabar6-Menurut data kepolisian, pencurian mobil Kia dan Hyundai di Chicago, Amerika Serikat (AS), telah mengalami peningkatan sebesar 767 persen.

Hal yang tak biasa, melansir Foxnews, hal itu ternyata dipicu oleh tantangan pencurian mobil di TikTok yang menjadi viral dalam beberapa minggu terakhir, hingga menyebabkan peningkatan besar-besaran kasus pencurian kendaraan di wilayah Chicago.

Video yang tersebar dengan tagar #KiaBoyz mengajarkan pengguna TikTok untuk mencuri tipe mobil lama Hyundai dan Kia hanya menggunakan ujung pengisi daya telepon atau kabel USB.

Menurut Kantor Sheriff Cook County, antara 1 Juli dan pertengahan Agustus tahun ini, sekira 642 pencurian kendaraan Kia dan Hyundai dilaporkan telah dicuri di daerah tersebut. Jumlah kasus itu melonjak tinggi jika dibandingkan dengan hanya 74 pada periode yang sama tahun lalu.

Gelombang kejahatan memengaruhi kendaraan yang tidak memiliki sistem immobilizer dan membutuhkan kunci mekanis untuk memulai. ** Baca juga: Tiap Tahun, Uni Eropa Buang 153 Juta Ton Makanan Kedaluwarsa

“Pencurian kendaraan naik 767 persen karena tantangan TikTok yang muncul,” demikian keterangan dari Distrik ke-15 Departemen Kepolisian Chicago dalam satu imbauannya. “Tantangan ini adalah permainan demi permainan untuk orang dewasa muda tentang cara mencuri kendaraan Hyundai dan Kia. Pencurian mobil ini adalah kejahatan kesempatan dan dapat memengaruhi hampir semua anggota masyarakat.”

Polisi pun mendesak pemilik Kia dan Hyundai untuk tetap waspada, selalu melepas kunci kontak mereka saat kendaraan tidak digunakan, dan berusaha untuk memarkirnya di ‘area yang banyak dilalui orang dan area yang cukup terang’.

Awal pekan ini, TikTok mengutuk tantangan pencurian mobil, dan berjanji untuk mengambil tindakan sesuai dengan ‘pedomannya’ sendiri.

“Kami sama sekali tidak memaafkan jenis video ini dan itu adalah sesuatu yang sedang dihapus dari platform kami. Kami menggunakan kombinasi teknologi dan tim keamanan khusus untuk memastikan konten kami sesuai dengan pedoman Komunitas TikTok,” tegas pihak TikTok.

Peningkatan tajam dalam pencurian mobil Kia dan Hyundai telah dilaporkan di bagian lain AS juga. Tren tersebut tampaknya berasal dari Milwaukee, di mana pada 2021 pencurian kendaraan tumbuh dari tahun ke tahun sebesar 2.500 persen.

Menurut polisi setempat, sebanyak 66 persen dari pencurian tahun lalu adalah mobil yang diproduksi oleh kedua perusahaan, keduanya dikendalikan oleh Hyundai Motor Group.(ilj/bbs)