oleh

Tanpa Pekerjaan Jelas, Pendatang Baru di Tangsel Bakal Dipulangkan

Kabar6-Guna mengecek jumlah pendatang baru usai Lebaran Idul Fitri 1433 H, Dinas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai menggelar inspeksi mendadak (sidak) lapangan.

Sidak ini akan digelar hingga tujuh hari kedepan dan dimotori langsung oleh pihak kecamatan dan kelurahan masing-masing. “Nanti, setelah proses pendataan ini selesai, maka akan kita ketahui berapa banyak pendatang baru pada tahun ini,” ujarnya.

Kepala Disdukcapil, Toto Sudarto mengatakan, untuk tahap awal sidak digelar langsung oleh Disdukcapil di dua Kelurahan, yaitu Sawah dan Sawah Baru di Kecamatan Ciputat.

“Ini bukan Operasi Yustisi. Melainkan hanya pengecekan jumlah pendatang baru saja. Karena, kalau Yustisi harus dilanjutkan ke tahap sidang,” ujar Kepala Disdukcapil, Toto Sudarto, Kamis (6/9/2012).

Toto mengaku pihaknya tidak (Tangsel) melarang pendatang baru di wilayah itu. Namun dengan catatan, pendatang baru dimaksud harus memiliki identitas kependudukan yang jelas dan lengkap, atau akan lebih baik jika sudah memiliki pekerjaan.

“Namun bila kedapatan ada pendatang baru yang tidak memiliki tujuan serta identitas jelas, maka akan kita himbau agar kembali ke daerah asalnya. Karena, kita tidak mau pendatang baru itu akan menjadi beban pemerintah,” ujar Toto.

Lebih jauh Toto berharap, jumlah pendatang baru pada tahun ini tidak lebih banyak dari tahun sebelumnya. “Tahun lalu, ada seribu lebih pendatang baru kesini. Dan, kita berharap tahun ini jumlahnya bisa lebih kecil,” katanya.(turnya)

 

Berita Terbaru