oleh

Tanpa Izin, Pesawat Misterius Lintasi Enam Negara NATO Sebelum Pilotnya Menghilang

Kabar6-Sebuah pesawat misterius melintasi enam negara anggota NATO, hingga menghebohkan dunia penerbangan. Pesawat misterius tersebut diduga sempat menjelajahi wilayah udara beberapa negara Eropa timur tanpa izin.

Kehadiran pesawat misterius ini sempat memicu diterbangkannya jet tempur dari enam negara anggota NATO. Sebelumnya, melansir Mirror, pesawat misterius yang terlihat oleh Angkatan Udara Hungaria dan Rumania ini juga terbang melintasi Polandia, Slovakia, Bulgaria dan Lithuania. Tak lama kemudian, pilot yang mengemudikan segera menghilang di sebuah lapangan kecil di Bulgaria.

Selanjutnya, jet tempur termasuk dua F-16 USAF, dua F-16 Rumania dan dua Gripen Hungaria mengikuti pesawat misterius tadi sepanjang perjalanannya. Tindakan tersebut dilakukan lantaran pesawat tanpa izin itu tidak menanggapi transmisi radio. Tak lama, pesawat tersebut dilaporkan mendarat di bandara kecil wilayah Debrecen, Hongaria.

Saat itu terdapat sekelompok orang turun untuk mengisi bahan bakar pesawat, sebelum lepas landas lagi dan sebelum polisi bisa menangkap mereka. Setelah tertangkap, jaksa di kota Targovishte di Bulgaria telah memulai penyelidikan atas apa yang terjadi.

Pesawat misterius itu lantas ditemukan terbengkalai di lapangan terbang lokal kecil dengan mesinnya masih hangat. Setelah diusut ternyata pesawat misterius diparkir di lapangan terbang Bulgaria yang dikenal sebagai Bandara Targovishte.

Diketahui, Bandara Targovishte memang telah dibiarkan tidak digunakan selama bertahun-tahun. Selain sudah tak beroperasi, Bandara Targovishte juga dilaporkan sekarang digunakan untuk tujuan pertanian. ** Baca juga: Dapat Ganti Sejumlah Sapi, Para Ayah di Sudan Selatan Nikahkan Anak Gadis Mereka Melalui Lelang

Sementara Menteri Dalam Negeri Bulgaria, Boyko Rashkov, mengatakan dengan berbagai pertanyaan, “Apa tujuannya? Siapakah orang-orang ini? Apa yang terjadi? Kami sedang menyelidiki,” ujarnya.

Meskipun keberadaan pesawat tidak diketahui dan penolakan untuk menanggapi upaya komunikasi, para pejabat dikatakan telah berhati-hati. Pihaknya juga sedang berusaha untuk tidak panik atas penerbangan itu, karena tidak menimbulkan ancaman bagi militer atau warga sipil.

Meski demikian, investigasi ke pesawat terus berlanjut, namun pilot dari pesawat misterius itu tetap tidak ditemukan.(ilj/bbs)