oleh

Tanpa Disadari, Beberapa Rutinitas Pagi Ternyata Bikin Berat Badan Naik

Kabar6-Selama ini olahraga dan diet dianggap sebagai dua hal utama untuk menurunkan berat badan. Faktanya, berat badan pun berhubungan dengan aktivitas sehari-hari yang Anda lakukan.

Tanpa disadari, ternyata beberapa rutinitas di pagi hari juga bisa membuat berat badan melonjak. Melansir beberapa sumber, ini di sejumlah rutinitas yang dimaksud:

1. Tidak biasa bangun pagi
Sebuah studi dalam jurnal PLOS One menemukan, tidur lebih dari 10 jam semalam juga bisa meningkatkan risiko memiliki BMI lebih tinggi, dibandingkan dengan mereka yang tidur selama tujuh hingga sembilan jam semalam.

Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) adalah angka yang menjadi penilaian standar untuk menentukan apakah berat badan Anda tergolong normal, kurang, berlebih, atau obesitas.

2. Gelap-gelapan di kamar
Matahari pagi sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang mendapat sinar matahari di pagi hari memiliki BMI jauh lebih rendah dibanding mereka yang tidak. Hal itu disebabkan karena cahaya matahari pagi digunakan sebagai panduan untuk menyamakan dengan jam internal tubuh, yang dapat membakar kalori.

3. Tidak merapikan tempat tidur sendiri
Survei National Sleep Foundation menemukan, orang yang merapikan tempat tidur, memiliki kemungkinan tidur malam yang lebih baik sebanyak 19 persen, yang secara tidak langsung akan berpengaruh pada angka berat badan. Selain bisa membuat tidur lebih nyenyak, merapikan tempat tidur bisa dijadikan sebagai pengganti olahraga.

4. Tidak sarapan
Tidak sarapan justru dapat membuat Anda lebih kelaparan dan jadi lebih ‘lapar mata’ pada makanan. Meskipun demikian, harus diperhatikan juga jenis sarapan yang Anda makan, jangan berlebihan lemak dan kalori, yang bisa membuat berat badan Anda tetap terjaga. ** Baca juga: Manfaat Mengagetkan Kunyah Permen Karet

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru