oleh

Tanpa Disadari, Ada Beberapa Kesalahan yang Dilakukan Saat Terapkan Diet Vegan

Kabar6-Belakangan ini diet vegan menjadi populer. Banyak pesohor dunia yang juga memilih diet vegan untuk menjaga kesehata, kebugaran sekaligus berat badan di angka ideal.

Nah, mamun manfaat diet vegan baru didapatkan jika kita melakukannya dengan benar. Dengan kata lain, masih banyak kesalahan yang membuat pola diet vegan tak akan maksimal. Melansir Kompas, ini lima kesalahan yang kerap dilakukan saat memulai pola makan nabati.

1. Berpikir makanan tanpa daging selalu menyehatkan
Para ahli setuju mengonsumsi bahan makanan nabati memang menyehatkan. Namun, kita harus memilih dengan bijak apa yang akan dimakan. Tak semua yang berbahan nabati menyehatkan, seperti mengonsumsi kentang goreng dan bir.

2. Konsumsi nutrisi yang kurang
Kita tetap bisa mendapatkan semua vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh dengan melakukan diet vegan. Namun, tetap harus menyesuaikan menu makanan dan gaya hidup untuk memastikan tercukupinya semua kebutuhan tubuh.

3. Terlalu mengandalkan pengganti daging
Mereka yang menerapkan pola diet vegan biasanya mengganti bahan hewani dengan bahan lain yang merupakan ‘tiruan daging’ seperti sosis tahu atau burger tempe.

Ya, makanan pengganti daging memang membantu proses transisi ke pola makan nabati. Tapi, terlalu mengandalkan jenis tersebut bisa menimbulkan efek samping.

4. Bingung soal asupan protein
Asupan protein menjadi tanda tanya besar bagi banyak veganisme. Meski bahan makanan hewani mengandung asam amino yang penting bagi kesehatan, beras dan kacang-kacangan juga mengandung nutrisi serupa.

Asupan harian yang direkomendasikan untuk protein adalah 0,36 gram untuk setiap 0,5 kilogram berat badan pria dan 46 gram untuk setiap 0,5 kilogram berat badan wanita. Namun, jumlah tersebut hanya untuk sekira 10 persen dari asupan kalori harian yang direkomendasikan. Bagi mereka yang aktif berolahraga, tentu membutuhkan lebih banyak protein.

5. Meremehkan pentingnya rencana makan
Mempraktikan program diet juga memerlukan perencanaan makan yang matang. Jadi, kita juga harus meluangkan waktu untuk membuat perencanaan makan yang matang demi suksesnya program diet yang kita lakukan. ** Baca juga: Bagaimana Idealnya BAB Tiap Hari?

Disarankan untuk mencari resep vegetarian saat waktu luang untuk membuat variasi menu dalam program diet. Cara ini sangat ampuh agar kita tak mudah tergoda untuk mengonsumsi pasta, kentang atau makanan lainnya yang menggagalkan diet.(ilj/bbs)

Berita Terbaru