oleh

Tanpa Alasan, Seekor Monyet di Malaysia Sandera Anak Anjing Selama Tiga Hari

Kabar6-Peristiwa tak biasa terjadi di Malaysia, di mana seekor monyet liar menculik dan menyandera anak anjing peliharaan milik seorang warga. Monyet itu menyandera anak anjing untuk motif yang tidak jelas, termasuk tidak mau ditukar dengan makanan.

Dalam foto dan video yang menjadi viral di media sosial, melansir Independent, tampak seekor monyet mencengkeram anak anjing di atap rumah warga. Anjing berkulit putih hitam bernama Saru itu dibawa monyet selama beberapa hari.

Monyet tadi terlebih dulu membawa anjing itu ke bagian paling atas tiang listrik di Taman Lestari Putra, Malaysia. Hal itu dilakukan untuk menghindari penangkapan sebelum naik ke atap rumah.

Monyet itu memeluk anak anjing kuat-kuat saat lompat dari satu atap ke atap rumah lainnya. “Anak anjing itu tampak lemas dan kelelahan tapi monyet sepertinya monyet itu tidak menyakitinya. Monyet hanya memegang anak anjing sambil berpindah-pindah. Sepertinya dia memperlakukan anak anjing itu seperti teman atau bayi, sangat aneh,” kata seorang warga bernama Cherry Lew Yee Lee.

Yee Lee dan para tetangga mengikuti ke mana monyet membawa anjing itu selama beberapa hari sampai ke hutan. Berbagai upaya untuk membebaskan anjing itu gagal, termasuk dengan memberikan buah. Seorang wanita mencoba menarik perhatian dengan memberikan roti, namun ditolak sang monyet.

Seorang pawang, Francis Poh, dikerahkan untuk membebaskan anjing malang itu. Dia memiliki pengalaman bertahun-tahun menyelamatkan kucing dan anjing dalam situasi sama, namun beberapa trik yang digunakan gagal.

Upaya pembebasan berjalan alot dan baru berhasil setelah tiga hari. Suatu saat monyet itu turun ke lapangan rumput lalu dikejar sembari dilempari batu. Hewan itu ketakutan dan menjatuhkan anak anjing.

“Dia (anjing) tampak seperti belum disapih, mungkin belum makan selama beberapa hari jadi sangat lemah,” kata Poh. ** Baca juga: Belgia Abadikan Nama Seorang PSK Nigeria yang Tewas Ditikam Pelanggan Jadi Sebuah Jalan

Menurut warga, monyet-monyet itu merupakan bagian dari kawanan primata liar yang suka mencuri makanan dari rumah. Bukan hanya anjing, kawanan itu dituding menculik kucing peliharaan yang baru-baru ini ddilaporkan hilang oleh pemiliknya.

Beberapa warga mengeluhkan ulah monyet-monyet yang semakin agresif, bahkan mereka meminta petugas untuk menembak. Diketahui, pemerintah Malaysia setiap tahun menerima rata-rata 3.800 laporan dari masyarakat mengenai ulah monyet liar yang mengganggu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru