oleh

Tangsel Siapkan Pospam Arus Mudik Lebaran

Kabar6-Sebanyak 13 Pos Pengaman (Pospam) mudik Lebaran 1434 Hijriah akan disiapkan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Selain untuk mengamankan jalur mudik, Pospam difungsikan sebagai pos pengamanan wilayah.

“Ke-13 Pospam akan dibentuk dan disebar di sejumlah titik kemacetan di tujuh wilayah Tangsel,” kata Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, Minggu (28/7/2013).

Ke-13 Pospam, sebut Benyamin, ditempatkan di titik-titik kemacetan seperti di pertigaan Gading Serpong perbatasan Tangsel dengan Kabupaten Tangerang, ITC, WTC, Alam Sutera, German Center, Muncul, Puspitek, Ocean Park, Flyover Ciputat, dan Gaplek.

“Titik-titik kemacetan di Tangsel menjadi perhatian khusus, sehingga perlu konsentrasi penuh dari petugas Dalops Dishubkominfo untuk mengatasinya, seperti di Jalan Raya Rawa Buntu, Jalan Pasar Serpong, Gaplek Pamulang, dan sejumlah titik lainnya,” ujarnya.

Di setiap Pospam, kata Benyamin, akan didukung oleh sejumlah personel dari aparat kepolisian, Dishub, Dinas Kesehatan, Satpol PP, PMI, Pramuka, dan Saka Bhayangkara.

“Untuk membantu pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan, semuanya sudah disiapkan mulai dari kebutuhan darah hingga obat-obatan,” jelasnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Kota Tangerang Kompol Leganek Mawardi menjelaskan, berdasarkan rapat koordinasi untuk wilayah hukum Polresta Tangerang, terdapat sebanyak 19 Pospam yang akan dibentuk untuk mengamankan jalur mudik Tangsel dan Kabupaten Tangerang.

Pembentukan ke-19 Pospam melibatkan seluruh SKPD, yakni Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, serta unsur TNI dan Polri sebagai penyelenggara Operasi Ketupat Jaya 2013. Ke-19 Pospam disebar di sejumlah titik rawan di wilayah Tangsel dan Kabupaten Tangerang.

“Nantinya kami akan melibatkan sekitar 500 personel gabungan TNI, Polri, dan pemerintah daerah untuk menjaga Pospam-pospam tersebut,” kata Leganek.

Di wilayah Tangsel, jelasnya, Pospam ditempatkan di pertigaan Gading Serpong, ITC, WTC, Alam Sutera, German Center, Munjul, Puspitek, dan Ocean Park. Sedangkan di Kabupaten Tangerang, Pospam didirikan di Jayanti, Balaraja Barat, Citra Raya, Bitung, dan Curug dengan Pospam chek point di Balaraja Timur.

“Secara keseluruhan, kami akan menerjunkan kurang lebih 1.200 personel gabungan untuk mengamankan jalur mudik Lebaran, sehingga tercipta suasana nyaman dan rasa aman,” kata Leganek.

Kabid Lalu Lintas Dishubkominfo Kota Tangsel Tito SW menyebutkan, Kota Tangsel hanya sebagai daerah lintasan arus mudik ke wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera.

“Sebagai daerah lintasan, kami menyediakan Poskotis-Poskotis di sejumlah titik yang dilalui arus mudik yang didukung personel sebanyak 100 orang gabungan dari kepolisian, dinas perhubungan, dinas kesehatan, polisi pamong praja, PMI, saka bhayangkara, dan RAPI,” terangnya.

Tito menyebutkan, umumnya sarana angkutan Lebaran yang dipergunakan pemudik meliputi bus AKAP dan AKADP yang telah dipersiapkan sebanyak 205 armada.

Bus yang akan melintasi wilayah Tangsel ini antara lain PO Rosalia Indah, Sinar Jaya, Dedy Jaya, Batur Salembur, Pusaka, Agra Mas, dan PO Mayasari Bakti.

“Kami menghimbau agar masyarakat dalam aktivitas perjalanan mudik Lebaran dilakukan tidak terlalu dekat dengan hari puncak mudik dan puncak balik,” pintanya.

Ia juga berharap, para pengemudi tertib berlalu lintas dan mentaati peraturan lalu lintas di jalan. Periksa dan lengkapi kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Waspada terhadap gangguan dan ancaman selama dalam perjalanan.

Hubungi posko-posko terdekat apabila memerlukan bantuan dan info mudik lebaran, manfaatkan rest area apabila lelah dan mengantuk.

“Bagi penumpang, hindari membawa barang bawaan berlebihan yang dapat mengundang tindak kriminalitas, dan laporkan kepada petugas keamanan apabila menjumpai pelanggaran tarif dan praktek pencaloan,” tegasnya.(turnya)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Berita Terbaru