oleh

Tangsel Harus Mampu Jadi Pusat Ekonomi

Kabar6-Kota Tangerang Selatan (Tangsel) harus mampu menjadi daerah penyeimbang kawasan megapolitan. Karena, sebagai daerah otonom baru, Tangsel memiliki cukup potensi jika dilihat dari peningkatan struktur APBD yang cukup signifikan.

Demikian dikatakan Staf Khusus Presiden RI Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Firmanzah menjawab pertanyaan kabar6.com di Alam Sutera, Rabu (16/4/2014).

“Tangsel harus mampu menjadi pusat perekonomian baru. Karena memiliki potensi yang luar biasa, dari sektor sebagai daerah hunian, perdagangan dan jasa serta pendidikan,” katanya.

Sedangkan luas wilayah yang sangat terbatas, hanya 147 kilometer, menurut Firmanzah bukanlah halangan. Itu karena Kota Tangsel memiliki posisi yang unik, mobilitas barang, kendaraan dan orang ada di wilayah ini.

Kedepannya, lanjut Firmanzah, bila dikembangkan menjadi sektor industri kreatif, Tangsel dirasa sangat cocok. Ketika ekspansi hunian atau property sudah penuh, maka sektor itu menjadi pilihan yang menarik.

“Bisa dijadikan tempat-tempat event berskala internasional. Karena di Jakarta, seperti Jakarta Covention Centre, kawasan Kemayoran sudah sulit dipenuhi,” terang Firmanzah.

Saat ini, penyelenggaran pagelaran konser musik di tanah air telah mengalahkan Singapura. Bahkan hanya satu tingkat di bawah Jepang pada kawasan Asia.

Untuk itu, Firmanzah menyerahkan kepada para pemangku kepengtingan di Kota Tangsel, terkait road map (rencana pembangunan) mau dibawa ke mana. Dan, bagaimana pola interaksi dengan wilayah sekitarnya. **Baca juga: Diduga Ada Kecurangan UN di SMA 6 Kabupaten Tangerang.

“Industri musik nasional kan sekarang sudah cukup bagus. Apa yang mau ditawarkan kepada investor, kalau memang ke arah sana harus ditawarkan dari sekarang,” tambahnya.(yud)

Berita Terbaru