oleh

Tangsel dan Yogyakarta Teken MoU Optimalisasi Pelayanan Publik

Kabar6-Perbaikan dan peningkatan sistem pelayanan publik daerah perkotaan telah menjadi kebutuhan mendasar bagi tiap pemerintah daerah.

Atas rencana strategis itu, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan Yogyakarta telah sepakat untuk saling membagi ilmu dan pengalaman.

Berdasarkan data yang diperoleh kabar6.com dari Bagian Humas dan Protokol Kota Tangsel, kerjasama ini telah tertuang dalam nota kesepakatan (MoU).

Penandatanganan kerjasama dilakukan langsung oleh Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany dan Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

“Maksud diadakannya MoU ini adalah untuk menyelaraskan program dan kegiatan penyelenggaraan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan di kedua daerah dalam hal penyediaan pelayanan publik,” ungkap Airin di Balaikota Yogyakarta, Jum’at (6/9/2013).

Airin menjelaskan, kerjasama yang dilakukan antardaerah ini adalah sebuah kerjasama demi mewujudkan pengelolaan standar pelayanan kota yang lebih baik.

Bentuk kerjasama pelayanan publik yang dilakukan adalah dalam bidang kesehatan, perhubungan, komunikasi dan informatika, koperasi dan UKM, pariwisata, pekerjaaan umum, perumahan dan pemukiman serta lingkungan hidup.

Menurut Airin, ada beberapa program yang dimiliki Kota Yogyakarta, tapi belum bisa dilaksanakan di Kota Tangsel. Seperti peningkatan moda transportasi, di kota Yogyakarta untuk menghindari kemacetan angkot ditiadakan dan diganti transjogja.

“Kami berharap kerjasama ini akan lebih memberikan masukan bagi kedua daerah,” jelas Airin.

Sementara itu, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, mengutarakan, kerjasama yang dilakukan Pemkot Tangsel dan Kota Yogyakarta ini strategisnya bisa memberi masukan yang positif.

Haryadi bilang, banyak bidang yang dikerjasamakan justru menambah pengetahuan bagi kedua daerah.

“Tangsel punya wilayah yang lebih luas, dengan karakter masyarakat yang berbeda. Untuk itu, diperlukan pembicaraan lebih lanjut untuk menjalin kerjasama seperti ini,” terang Haryadi.(yud)

Berita Terbaru