oleh

Tangsel Bakal Rutin Gulirkan Car Free Day

Kabar6-Pemerintah Kota Tangerang Selatan telah berencana membuat program tersebut sebagai agenda rutin. Program ini diklaim telah mendapatkan responsif positif dari masyarakat dan para pelaku usaha.

“Ini lanjutan dari program car free day pada bulan Desember kemarin pada saat HUT Kota Tangerang Selatan,” ungkap Walikota Airin Rachmi Diany, menjawab pertanyaan kabar6.com di kawasan BSD City, Serpong, Minggu, 20 Januari 2013.

Walikota Airin menjelaskan, setelah dilakukan evaluasi terhadap hasil program car free day sebelumnya terbukti banyak manfaatnya.

Sehingga diharapkan program bebas kendaraan bermotor disepanjang ruas jalan mulai dari perempatan German Centre hingga ITC BSD ini bisa rutin dilaksanakan.

Rencananya menurut Walikota Airin, program akan dilaksanakan satu kali dalam setiap bulan. Sehingga dengan adanya program ini seluruh masyarakat dan para pemangku kepentingan (stake holder) lainnya mempunyai rasa saling memiliki. Tentunya respon positif ini harus disikapi dan ditindaklanjuti.

“Alhamdulillah banyak yang mendukung. Bahkan pengelola dealer mobil, hotel siap memberikan dukungan seperti minuman mineral setiap car free diselenggarakan. Tepatnya di pekan ke berapa disetiap bulan sedang dibahas,” jelas Walikota Airin.

Pengamatan dilapangan, ruas jalan Serpong yang bebas dari kendaraan bermotor tak ingin dilewatkan begitu saja oleh masyarakat.

Mereka tampak begitu menikmati lengangnya jalan untuk beraktivitas olahraga. Seperti bersepeda, lari pagi, bermain bola, bulutangkis dan termasuk Walikota Airin yang berolahraga lari.

Willy, warga Villa Melati Mas, Serpong, menilai banyak manfaat yang diperoleh bila program ini diberlakukan secara rutin. Pastinya angka polusi yang berasal dari bahan bakar kendaraan bermotor bisa ditekan.

“Sangat bagus program seperti ini. Tentunya saya mendukung,” katanya yang ditemui usai berolahraga lari didepan BSD Square.

Pria yang menikmati jalur bebas kendaraan bermotor bersama sang istri ini “Kalau bisa car free day seperti ini rutin dilaksanakan. Dua kali setiap bulan lah,” harapnya.(yud)

Berita Terbaru