oleh

Tandai Tubuh yang Kekurangan Protein

Kabar6-Protein adalah senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi, yang merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida.

 

Molekul protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus.

 

Kita memerlukan protein sebagai zat pembangun dalam tubuh. Protein juga berfungsi sebagai penyokong berbagai aktifitas organ tubuh dan metabolisme.

 

Protein terdapat antara lain pada daging, ayam, ikan, bayam, kacang kedelai, dan lain-lain. Nah, apa jadinya jika kita kekurangan protein?

 

1. Kekurangan protein dapat menyebabkan rambut kepala menipis. Saat tidak mendapatkan cukup protein, tubuh akan masuk ke dalam “mode konservasi” dan berhenti mengirimkan protein berharga untuk menyuburkan rambut dan kuku.

 

2. Kekurangan protein dapat menurunkan jumlah protein plasma yang ada dalam darah sehingga akan menyebabkan kondisi yang disebut Edema.

 

Penurunan protein plasma dapat disebabkan oleh hati yang tidak menyimpan zat besi dalam jumlah yang cukup. Jika zat besi tidak tersedia untuk membantu produksi hemoglobin, anemia bisa terjadi dan pembengkakan pun dimulai.

 

3. Protein membantu menstabilkan gula darah. Kekurangan protein dapat mengurangi ketajaman mental, sehingga menghambat kemampuan untuk merespon. Jika Anda sering merasa lelah dan kekurangan energi, bisa jadi karena tubuh kurang mendapat asupan protein yang cukup.

 

4. Kekurangan protein bisa menyebabkan menurunnya ukuran otot. ** Baca juga: Usir Stres Dengan Jalan Kaki

 

5. Saat tubuh kekurangan protein, maka cenderung mengonsumsi makanan siap saji, permen, dan lain-lain.

 

6. Kekurangam protein dapat menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. Protein adalah salah satu kunci untuk mendapatkan sistem kekebalan yang kuat.

 

Protein menjadi landasan penting terciptanya sel darah merah, sel darah putih, dan antibodi, yang semuanya itu bekerjasama untuk menangkis bakteri, virus, dan patogen lain dalam tubuh.

 

Cukupkan kebutuhan tubuh akan protein, sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. (ilj/bbs)

Berita Terbaru