oleh

Tanaman di Rumah yang Baik Menurut Feng Shui

Lavender.(bbs)
Lavender.(bbs)

Kabar6-Dalam feng shui, tanaman merupakan sesuatu yang penting dan sangat bermanfaat. Fungsi tanaman secara feng shui mulai dari kemampuannya untuk menahan sha qi (qi negatif), menarik sheng qi (qi positif), dan salah satu alat untuk mendeteksi apakah suatu tempat itu baik.

Secara garis besar, dikutip dari duniakebun.com, pepohonan kecil boleh ditanam di mana saja di bagian rumah. Tetapi untuk pohon berukuran sedang sampai besar, tidak boleh berada di area depan rumah.

Hal itu karena keberadaannya akan menyita qi yang seharusnya masuk ke dalam rumah. Selain itu apabila tumbuhnya dekat dengan rumah, akar-akarnya dapat merusak pondasi rumah.

Pohon berukuran sedang sampai besar yang tumbuh di bagian belakang rumah bermanfaat sebagai “gunung” yang melindungi rumah. Jika sisi Dragon rumah lemah, menanam pohon merupakan salah satu cara untuk memperkuatnya.

Untuk Bumi belahan Utara, lokasi ideal untuk menanam pohon besar umumnya di bagian sebelah Utara dari rumah, karena dapat berfungsi sebagai penahan angin dingin dari arah Utara.

Sebaliknya untuk Bumi belahan Selatan, posisi pohon besar di bagian Selatan rumah atau plot tanah lebih baik, untuk penahan angin dingin yang bertiup dari Selatan.

Saat akan menanam pohon atau membangun rumah di lokasi yang banyak pepohonan, sebaiknya diperhatikan apakah ada dahan besar yang mengarah langsung ke pintu utama atau tidak.

Cabang atau dahan pohon yang mengarah langsung ke arah pintu masuk rumah disebut sebagai “shar” atau “poison arrow”. Shar ini dapat membawa sha qi (qi negatif) langsung ke dalam rumah.

Cara terefektif untuk menghilangkan shar adalah dengan menebang cabang atau dahan pohon yang mengarah langsung ke pintu masuk. Sama halnya, hal yang harus diperhatikan adalah dahan yang miring dan menyandar pada atap rumah.

Kondisi ini tidak hanya berbahaya apabila ada angin kencang, tetapi juga dapat menyebabkan penghuni rumah selalu merasa dalam banyak tekanan.

Jadi, apa saja tanaman di rumah yang baik secara feng shui?

1. Bambu air
Konon bambu air dapat menarik kebahagiaan dan kemakmuran, melindungi penghuni rumah dari energi negatif, membawa keberuntungan, mengurangi energi kesepian dan stres serta meningkatkan pertumbuhan spiritual seseorang. Biasanya diletakkan dalam pot berisi air.

2. Kemangi
Melambangkan cinta, gairah, kemakmuran, keberuntungan dan menghadirkan kecantikan dalam rumah. Menurut kepercayaan India, kemangi merupakan tanaman yang disucikan dan apabila diletakkan dalam pot dan ditanam dalam rumah, dapat meminimalisir energi negatif serta niat jahat.

3. Melati
Beberapa jenis bunga melati memiliki fungsi afrodisiak yang membuat nuansa asmara tetap hangat dan tumbuh. Letakkan saja di dalam rumah, di dalam pot kecil sebagai tanaman yang memberikan keindahan. Melati dipercaya dapat menarik kasih sayang serta kekayaan pemilik rumah.

4. Sereh
Konon tanaman ini dapat menghadirkan keceriaan dan kebahagiaan bagi pemilik rumah. Merupakan simbol kerukunan, dan persahabatan. Sereh dapat memberikan energi positif pada pemilik rumah.

5. Lavender
Tanaman ini memberikan efek damai yang membuat penghuni rumah jadi tidak sering bertengkar, sehingga rezeki menjadi lancar.

Jangan lupa, tanaman harus senantiasa dalam kondisi sehat dan segar. Dengan begitu dapat menarik qi positif) untuk rumah dan lokasi sekitarnya. Demikian pula sebaliknya.

Membiarkan tanaman yang ada di rumah dan sekitarnya tidak sehat dan mati sama artinya kita mengundang penyakit dan kematian bagi tubuh dan aspek keuangan kita. ** Baca juga: Ciptakan Suasana Tenang Dalam Kamar Tidur

Selamat menanam.(ilj/bbs)

Berita Terbaru