oleh

Tampak Garang, 7 Pemimpin Dunia Ini Ternyata Punya Fobia Unik

Kabar6-Fobia (gangguan anxietas fobik) adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap fobia sulit dimengerti.

Tidak hanya masyarakat awam, fobia ternya juga dialami sejumlah pemimpin dunia yang terkenal pemberani sekaligus garang. Melansir Sindonews, berikut tujuh pemimpin dunia yang ternyata memiliki fobia unik:

1. Joseph Stalin
Josef Stalin sangat takut terbang. Meski sangat mencintai dunia penerbangan, Stalin tak pernah mau naik pesawat dan lebih suka bepergian dengan kereta api.

Stalin juga takut mati saat tidur. Itulah sebabnya para pejabat Soviet sangat membenci tingkah laku Stalin karena berarti ia dapat memanggil mereka kapan saja bahkan ketika masih mengenakan piyama.

2. Adolf Hitler
Hitler diduga menderita berbagai masalah kesehatan mulut karena ketakutannya pada dokter gigi. Dr. Hugo Blaschke, Wakil Kepala Ahli Bedah Gigi SS (paramiliter Nazi) yang bekerja sebagai dokter gigi Hitler selama hampir 20 tahun mencatat bahwa Hitler sering mengeluh tentang rasa sakit di giginya, dan mengklaim tidak mampu menahan rasa sakit itu.

Beberapa pihak menyatakan kesehatan mulut Hitler yang buruk mungkin telah berkontribusi pada kecemasan psikologisnya dan penurunan kesehatan secara menyeluruh menjelang akhir perang.

3. Winston Churchill
Meskipun dikenal sebagai salah satu pembicara terbesar abad ke-20, mantan Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill, pernah berjuang dengan penyakit gagap untuk berbicara di depan umum.

Churcill mengkompensasi kegagapannya dengan mempersiapkan komentar publik berminggu-minggu sebelumnya. Dia bahkan akan mempraktikkan frasa yang tidak masuk akal untuk membantu mengatasi kesulitan bicaranya. Beberapa orang berpendapat bahwa Churcill tidak benar-benar gagap, tetapi lebih seperti memiliki sesuatu yang sulit diatasi olehnya.

4. Franklin D. Roosevelt
Franklin D. Roosevelt memiliki ketakutan pribadi yang kuat terhadap api. Ketakutan tersebut kemungkinan berasal dari pengalaman masa kecilnya. Fobia ini semakin parah setelah dia kehilangan fungsi kakinya pada 1920-an.

Selama masa kepresidenannya, ketakutan Roosevelt terhadap api bahkan melebihi ketakutannya akan pembunuhan. Dia menolak untuk mengunci pintu kamar presiden pada malam hari dan memaksa Secret Service untuk melakukan patroli reguler di lorong gedung setiap malamnya. Bahkan sang istri telah menugaskan arsitek untuk merancang saluran fire escape khusus untuknya.

5. Kim Jong-il atau Kim Jong Il
Kim Jong-II adalah pemimpin Korea Utara semenjak 1994, yang juga ayah dari pemimpin Korea Utara saat ini Kim Jong-un. Ia sangat takut untuk terbang, sama seperti sang ayah, Kim Il Sung. Hal itu karena ia tak percaya dengan beberapa maskapai penerbangan yang kerap mengalami kecelakaan.

Penyebab lainnya, Kim Jong-Il pernah mengalami kecelakaan helikopter pada 1976, mengakibatkan luka serius dan juga trauma psikologis padanya.

6. Muammar Khadafi (Gaddafi)
Penguasa Libya pada 1942 hingga 2011 ini mempunyai fobia takut akan penerbangan panjang, dan juga takut ketinggian. Gaddafi sangat takut untuk berada di dalam penerbangan selama lebih dari delapan jam yang melewati lautan terbuka.

Karena itulah, para staf staf Khadafi harus mencarikan rute alternatif jika pemimpin mereka ingin bepergian ke luar negeri. Hal lain, Khadafi lebih memilih menginap di lantai satu karena fobia terhadap ketinggian. Khadafi juga disebut tak sanggup menaiki lebih dari 35 anak tangga.

7. Jenghis Khan
Menurut legenda dan beberapa cerita dari Secret History of the Mongols, Jenghis Khan hanya takut pada tiga hal yaitu ibunya, istrinya, dan anjing. Beberapa orang mengkritik Jenghis Khan karena fobianya terhadap anjing.

Namun ketakutan itu adalah hal yang wajar, karena anjing-anjing Mongolia dibesarkan untuk menjadi besar dan ganas, serta terkenal sering menyerang para pelancong yang tidak waspada.

Bahkan bangsa Mongol sendiri menyebut mereka sebagai ‘makhluk biadab yang besar dan bertulang, berambut panjang dan berbulu, bersuara keras dan ganas, yang harus ditakuti dan dihindari’. ** Baca juga: Jepang Unjuk Gigi, Bangun Pelabuhan Luar Angkasa Mengapung di Pulau Reklamasi

Tampang garang bukan berarti tidak punya rasa takut, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru