oleh

Takjub, Jasad Lady Dai Tetap Utuh Meskipun Telah Berusia 2.000 Tahun

Jasad yang utuh & patung lilin Lady Dai.(Newsbison)
Jasad yang utuh & patung lilin Lady Dai.(Newsbison)

Kabar6-Jasad seorang wanita yang diduga telah mati ribuan tahun lalu, terlihat masih utuh dan mulus. Padahal, tidak ditemukan zat pengawet pada jasad tersebut.

Diketahui, jasad wanita itu bergelar Lady Dai. Saat ditemukan, kulitnya tampak lembut, bahkan rambut dan bulu matanya masih menempel. Menurut media setempat, dikutip dari Boombastis, Lady Dai diduga adalah seorang istri dari Marquis atau bangsawan, berasal dari wilayah kuno di Tiongkok yang disebut Dai, dan meninggal karena serangan jantung pada usia 50 tahun.

Makamnya pertama kali ditemukan pada 1971, di kawasan perbukitan Mantui, Changsa, Provinsi Hunan, Tiongkok. Jasad Lady Dai terdapat dalam peti kayu dengan ukuran panjang lima meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi sekira dua meter. Peti tersebut dikubur dengan kedalaman 20 meter.

Peti Lady Dai.(history.cultural-china)
Peti Lady Dai.(history.cultural-china)

Para ahli yang melakukan otopsi menemukan bahwa Lady Dai memiliki berat badan berlebihan. Ia juga menderita darah tinggi, sakit punggung, batu empedu, hati, arteri tersumbat, serta sakit jantung parah. Beragam penyakit tersebut dikaitkan dengan gaya hidupnya yang mewah.

Jasad itu dibungkus dengan 20 lapis sutera, dan diletakkan empat peti mati yang dikemas dengan arang dan disegel dengan tanah liat untuk mencegah bakteri. ** Baca juga: Gila, Camilan ‘Gorila’ Ini Ditawar Rp1,33 Miliar

Saat ini, jasad Lady Dai dapat dilihat di museum Changsa Porvinsi Hunan, Tiongkok. Tak hanya itu, kehidupan tentang Lady Dai pun diangkat menjadi sebuah drama musikal dengan judul ‘Beauty of the Han Dynasty’, yang mengisahkan tentang cinta Lady Dai dan suaminya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru