oleh

Tak Miliki Teman Bisa Terkena Risiko Sakit Jantung

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sebagai makhluk sosial, manusia pada dasarnya membutuhkan teman. Kesepian tanpa disadari akan merugikan kesehatan. Diungkap para peneliti dari Universitas Harvard, rasa kesepian karena tidak memiliki teman ternyata berdampak buruk bagi kesehatan.

Ditemukan kaitan erat antara kesepian dengan kadar protein untuk pembekuan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung hingga stroke. Dikutip dari Kompas, terkucil dari kehidupan sosial dapat menyebabkan stres yang akan meningkatkan kadar protein dalam darah, fibrinogen yang berfungsi untuk pembekuan darah.

Nah, terlalu banyak fibrinogen pada akhirnya dapat meningkatkan tekanan darah dan penumpukan lemak di pembuluh darah. Penumpukan lemak yang menyumbat pembuluh darah inilah yang memicu penyakit jantung koroner hingga serangan stroke jika sumbatan terjadi di otak.

Para peneliti Harvard membandingkan kadar protein pembekuan darah dengan jumlah teman dan keluarga seseorang di jaringan sosial. Hasilnya sangat terlihat signifikan, yaitu mereka yang hubungan sosialnya buruk memiliki tingkat fibrinogen lebih tinggi.

Seseorang yang hanya memiliki lima teman, dikatakan peneliti, tingkat fibrinogen lebih tinggi 20 persen dibanding yang memiliki 25 teman. Dalam jangka panjang, para peneliti menilai rasa kesepian dapat mematikan.

“Keterhubungan sosial menunjukkan hubungan yang signifikan dengan kadar fibrinogen,” ujar pemimpin studi dokter David Kim dari Harvard Medical School.

Disebutkan, risiko seseorang terkena penyakit jantung mungkin nantinya dapat diukur dengan melihat seberapa banyak jaringan sosialnya.

Menurut penelitian University of York, seseorang yang kesepian sekitar 30 persen lebih berisiko stroke atau penyakit jantung koroner. Senada, pimpinan University of York, dokter Nicole Valtorta, mengatakan bahwa hubungan sosial memang terbukti penting untuk kesehatan. ** Baca juga: Sesuaikan Waktu Tidur Ideal Berdasar Usia

Berapa banyak teman Anda?(ilj/bbs)

Berita Terbaru