oleh

Tak Miliki KTP, Urine Pengemudi Honda Jazz Positif Ganja

Kabar6-Kegiatan razia yang berlangsung di Jalan Raya Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), melibatkan petugas gabungan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat, sempat bikin ribuan pengendara kaget.

Pantauan di lapangan, petugas gabungan menghentikan setiap kendaraan roda dua dan empat yang melintas. Bahkan, pengemudi diperiksa kelengkapan identitasnya (KTP). Dan, bagi pengemudi yang dicurigai, turut dilakukan tes air seni.

Kepala Pemberantasan, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangsel, MP Sidabutar mengatakan, dalam razia itu pihaknya mencurigai dua orang penumpang mobil Honda Jazz warna abu-abu.

Kedua pria itu tak bisa menunjukan kartu identitas resmi, hingga akhirnya disuruh jalani tes urine. “Pas di tes urine benar, kedua penumpang mobil positif menggunakan narkoba,” terangnya kepada wartawan, Senin (23/11/2015).

Sidabutar jelaskan, dari hasil uji klinis terhadap air seni keduanya terbukti positif mengandung zat psikotropika. Dua pria berinisia I dan A terdeteksi baru saja menghisap narkoba jenis daun ganja.

Petugas pun sontak langsung menggeledah seisi mobil milik kedua pria pengendara mobil tersebut. I dan A langsung diamankan petugas untuk dimintai keterangan untuk kepentingan proses pengembangan.

“Kami menyelidiki asal memperoleh ganja dan tes kejiwaan yang bersangkutan. Disarankan keduanya untuk mengikuti rehabilitasi kecanduan narkoba dan obat-obatan terlarang,” jelas Sidabutar. **Baca juga: Pemkab Wacanakan Anggaran Untuk Jalan Provinsi.

Di lokasi sama, pada kegiatan ini tercatat ada sebanyak 4.072 warga terjaring razia. Sementara dari ribuan yang diperiksa petugas, 122 kedapatan tidak menbawa KTP Elektronik ataupun masa berlakunya sudah habis.

“Sesuai aturan kita tindak dan diadili dilokasi karena termasuk tindak pidana ringan (Tipiring-red),” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel, Toto Sudarto usai kegiatan razia.

Ia menjelaskan, operasi Yustisi ini selain menguji kepatuhan akan pentingnya membawa kartu identitas diri. Menurut Toto, dari hasil operasi di enam kecamatan kesadaran warga dalam membawa kartu identitas meningkat.

“Kita ingatkan kepada warga agar selalu membawa kartu identitas,” tutup Sidabutar seraya bilang dalam kegiatan razia ini juga melibatkan aparat TN/ Polri, Kantor Imigrasi, Pengadilan Negeri Tangerang serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangsel.(yud)

 

Berita Terbaru