oleh

Tait & Swanson, Dua Sahabat yang Tertukar Selama 40 Tahun

David Tait dan Leon Swanson.(straitstimes)
David Tait dan Leon Swanson.(straitstimes)

Kabar6-Tidak ada yang bisa menebak nasib atau jalan hidup kita. Apa yang akan terjadi esok hari? Tidak satu pun yang dapat menjawab. Demikian halnya dengan David Tait dan Leon Swanson.

Kedua sahabat itu tidak bakal menyangka jika mereka sebenarnya adalah putra yang tertukar. Dikutip dari Sindonews, David Tait dan Leon Swanson tertukar di rumah sakit milik pemerintah, Norway House, di provinsi barat Kanada Manitoba pada 1975. Kepastian itu didapatkan setelah hasil tes DNA mengkonfirmasi hal itu.

“Aku mendapatkan jawaban yang begitu buruk,” kata Tait, tersedak air mata pada konferensi pers di Winnipeg.

Tait sendiri merasa bingung dan marah. Sedangkan Swanson mencoba menahan air mata dan mengatakan ia tidak tahu harus berkata apa. Ibu kandung keduanya kemudian memeluk Tait dan Swanson untuk menenangkan mereka, seperti dikutip dari Daily Mail.

Peristiwa ini merupakan kali kedua tertukarnya bayi di Manitoba. Pada November lalu, pemerintah Manitoba mengatakan dua pria lain yang juga teman dekat tertukar pada 1975 di rumah sakit yang sama.

Mantan menteri kabinet Manitoba yang membantu keluarga dalam kasus bayi yang tertukar, Eric Robinson, mengatakan selalu ada kecurigaan di masyarakat tentang usul mereka.

“Pemerintah federal berutang pada mereka. Apa yang terjadi kepada mereka adalah tindakan kriminal. Kita dapat hidup dengan satu kesalahan, tapi dua kesalahan yang serupa tidak dapat diterima,” katanya.

Jane Philpott, Menteri Kesehatan Kanada, mengatakan bahwa kasus kedua sangat mengganggunya. Ia menyatakan pihak independen akan dipekerjakan untuk menyelidiki catatan rumah sakit dan memeriksa apakah ada kasus lainnya. ** Baca juga: Ulala…Mewahnya Paket Persalinan Rp1,3 Miliar di Jepang

Bagaimana jika peristiwa ini menimpa Anda?(ilj/bbs)

Berita Terbaru