oleh

Tahun Politik, Kesbangpolinmas Tangsel Perkuat Peran & Fungsi Kominda

Kabar6-Dalam rangka mempersiapkan perayaan pesta demokrasi, Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bekerja ekstra meningkatkan peran dan fungsi Komunitas Intelijen Daerah (Kominda).

Sehingga Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 dapat berjalan aman dan lancar. “Agar dapat terus melakukan pantauan serta mengawasi berbagai potensi konflik di Pemilu 2014,” ucap Salman Faris, Ketua Badan Kesbangpolinmas Kota Tangsel.

Ini merupakan tindakan khusus, lanjut Salman, mengingat pemilu menentukan keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sedianya, Kominda diketuai oleh Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany.

“Pastinya anggota Kominda Kota Tangsel, mendapatkan SK langsung dari Walikota,” kata Salman.

Salman menjelaskan, dalam upaya memperkuat fungsi dan peran Kominda bertujuan agar mendapatkan bahan informasi yang akurat, objektif untuk dijadilan bahan informasi kepada pimpinan.

Dengan ini diharapkan dapat mengajak segenap pihak agar dapat berperan aktif dalam meminimalisir kerawanan dan mendorong partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya nanti.

“Ia semoga masyarakat juga dapat ikut serta mensukseskan pesta demokrasi ini dengan menggunakan hak pilihnya, baik Pemilu Legislatif maupun Pemilu Presiden,” jelas Salman.

Salman menambahkan, Kesbangpolinmas merupakan pintu utama atau sebagai corong Walikota dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam menjaga pesatuan dan kesatuan antar lembaga tentu saja sangat penting, mengingat di Kota Tangsel saat ini terdapat ratusan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

“Dengan pendekatan serta pembinaan kepada setiap lembaga, seperti Ormas dan LSM, maupun partai politik (Parpol) merupakan hal penting, agar terciptanya harmonisasi antar lembaga,“ tutur Salman.(ADV)

 

**Baca juga: Bangun 47 Pos Jaga, Kesbangpolinmas Tangsel Siapkan 750 Satlinmas.

Berita Terbaru