oleh

Tahapan Stres yang Sebaiknya Anda Ketahui

Kabar6-Stres bisa disebabkan oleh banyak hal, antara lain karena kondisi keuangan, hubungan cinta, pekerjaan, rumah tangga, dan lain sebagainya. Penyebab stres tersebut memang tidak mudah untuk dihilangkan. Namun untuk meminimalisir stres, Anda harus tetap tenang, sabar dan mengelola stres sebaik mungkin.

Nah agar makin mudah mengelola dan mengendalikan stres, melansir Healthline, Anda sebaiknya mengetahui tiga tahapan stres, yang disebutkan oleh dr. Hans Selye, peneliti medis terkait kesehatan psikologi. Apa saja tahapan stres yang dimaksud?

1. Alarm
Ini mengacu pada gejala awal stres yang ditandai dengan detak jantung meningkat cepat, kelenjar adrenalin melepas hormon kortisol (stres) dan keinginan kuat untuk lari dari masalah penyebab stres.

2. Resistensi
Pada tahap ini, tubuh mulai menerima keadaan yang ada, detak jantung kembali normal dan pelepasan hormon kortisol mengalami penurunan. Ketika tahap ini berhasil dilewati dengan baik, fisik dan psikis akan kembalin normal. Namun jika tahap ini tidak teratasi dengan baik, stres akan berlanjut bahkan lebih buruk.

3. Kelelahan
Ini adalah tahapan ketika seseorang mengalami stres berkepanjangan. Stres yang berkepanjangan akan menguras energi, emosi, perasaan tidak tenang, cemas berlebih bahkan ketakutan berlebih yang menyebabkan seseorang merasa tidak punya harapan lagi.

Stres yang sudah berada di tahap kelelahan umumnya seseorang akan terlihat depresi, kurang percaya diri, sistem kekebalan tubuh menurun dan makin mudah emosi. ** Baca juga: Wanita Lebih Pilih Menikah dengan Pria yang Punya Jabat Tangan Kuat

Bagaimana agar stres tidak berkepanjangan? Pastikan untuk selalu berpikir positif, tenang dan sabar. Hindari emosi berlebih saat tertimpa masalah.(ilj/bbs)

Berita Terbaru