oleh

Swedia Jadi Negara yang Ramah Anak & Keluarga

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Swedia adalah negara terluas ketiga di Uni Eropa. Sekira 85 persen penduduknya tinggal di kawasan perkotaan. Negara ini terkenal sebagai negara yang ramah keluarga dan anak.

Ya, pemerintah setempat mengeluarkan berbagai kebijakan yang mendukung dan memudahkan kehidupan keluarga. Selain itu, kesehatan dan pendidikan anak-anak pun sangat diutamakan. Mengapa Swedia disebut ramah anak dan keluarga? Dilansir dari situs Sweden.se, berikut alasannya:

1.  Fasilitas untuk ibu hamil
Ibu yang bekerja berhak mendapatkan benefit tambahan seperti cuti lebih awal dan menerima tunjangan kehamilan sebanyak 80 persen dari gaji.

2.  Cuti panjang
Orangtua berhak mendapatkan cuti berbayar selama 480 hari, dan berlaku hingga anak berusia 8 tahun. Mereka pun memiliki hak hukum untuk mengurangi jumlah jam kerja normal hingga 25 persen sampai anak mencapai usia 8 tahun.

3.  Tugas ayah & ibu hampir setara
Pemerintah Swedia memang berusaha menyetarakan tugas ayah dan ibu dalam merawat anak-anaknya.

4.  Setiap anak dapat tunjangan bulanan
Pemerintah Swedia memberikan tunjangan bulanan kepada setiap anak hingga usia 16 tahun, senilai sekira Rp1,6 juta per bulan. Orangtua yang memiliki enam anak akan diberi dana tambahan.

5.  Gratis biaya sekolah
Biaya sekolah anak usia 6-19 tahun gratis beserta makan siangnya.

6.  Gratis biaya kesehatan
Biaya kesehatan termasuk perawatan gigi anak gratis hingga usia 20 tahun. Bayi wajib mendapatkan vitamin D yang diberikan secara cuma-cuma.

7.  Bus gratis bagi yang bawa kereta bayi
Di beberapa kota besar di Swedia, termasuk Stockholm, ditetapkan aturan bahwa orangtua yang membawa kereta dorong bayi gratis naik bus. ** Baca juga: Pada 2030 Mendatang, Wanita Korsel Rata-rata Capai Usia 90 Tahun

8.  Banyak buku bacaan untuk anak
Setiap tahun ribuan buku anak-anak diterbitkan. Pihak perpustakaan menjaga dengan baik koleksi buku bacaan klasik anak-anak agar bisa dibaca setiap generasi.

9.  Banyak tempat umum ramah bayi
Jalan di taman dibuat agar dapat dilalui kereta dorong, pusat perbelanjaan dipastikan memiliki nursery room dan changing room, restoran menyediakan high chair dan banyak parkiran khusus untuk kereta dorong bayi.

10. Aturan tentang orang tua menemani anak sakit
Orangtua yang ingin menjemput anak lebih awal dari pre-school atau menemani anak yang sedang sakit, berhak mendapatkan izin dari perusahaan. Orangtua yang cuti untuk karena anak sakit atau cacat tetap akan dibayar 80 persen dari gaji. Anak yang sakit dan cacat lebih dari enam bulan akan mendapatkan tunjangan tambahan hingga mereka berusia 19 tahun.

Wow…bahagianya tinggal di Swedia.(ilj/bbs)

Berita Terbaru