oleh

Suvarna Sutera di Tangerang Dicecar soal Irigasi Cegah Banjir

Kabar6-Perwakilan dari PT Delta Mega Persada tak berkutik saat dipanggil dalam rapat dengar pendapat di DPRD Kabupaten Tangerang. Pemanggilan menyusul aduan dari kelompok masyarakat sekitar Desa Wana Kerta, Sindang Jaya yang protes pemukiman sekitar terendam banjir.

Pengembang kawasan Suvarna Sutera menghadirkan tim perencanaan. Mereka sempat memaparkan rencana pembangunan kawasan hunian tersebut, tapi ternyata dianggap tidak memuaskan.

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Tangerang, M Ali mengatakan, dengan dibuatnya aliran air tanpa tandon tidak menjadi masalah di dalam perumahan. Namun masalah seriusnya justru bagi warga yang berada di ujung aliran.

“Nah itu, dengan dibikinnya saluran yang bapak bikin itu kan kalau dari perumahan its ok. Tapi di ujungnya itu tidak ada penampungan, los ke kali warga. Nah permasalahannya itu, ketika penghujan besar tidak tertampung di belakang, otomatis lah pesawahan dan lain-lan itu kebanjiran termasuk rumah-rumah warga yang di belakang itu,” katanya di Tigaraksa, Kamis (18/8/22).

Di lokasi sama, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang Iwan Firmansyah menegaskan, kaitannya dengan aliran irigasi yang mengarah ke permukiman warga pihaknya mengusulkan sistem Zero Run Off agar tidak berimbas kepada masyarakat sekitar.

“Dari rencananya, tadi yang sudah saya sampaikan Zero Run Off. Kan Zero nol pak ya, nah itu maksud saya konsep seperti itu di ujungnnya” tegas Iwan.

Perwakilan dari pengembang mengklaim mengusahakan konsep Zero Run Off dalam kawasan.

**Baca juga: Pemkab Tangerang Target PAD 2022 dari Pajak Rp 3 Triliun

“Jadi seperti tadi bapak sampaikan juga ya, untuk area kawasan ini kita usahakan untuk nantinya juga Zero Run Off. Tidak berimbas dengan keluaran dari kondisi awal pada saat sebelum adanya pembangunan” ujarnya.

Diketahui, drainase zero run off adalah drainase kawasan yang berfungsi mengalirkan air limpasan yang dibuang ke luar kawasan atau ke saluran kota dapat direncanakan sekecil mungkin hingga dicapai nol persen. (Rez)