oleh

Survei Ungkap, 45 Persen Orang Amerika Malas Ganti Celana Dalam hingga 2 Hari

Kabar6-Seberapa sering Anda mengganti celana dalam selama sehari? Diketahui, selain menimbulkan bau tidak sedap, celana dalam yang tidak diganti juga bisa menimbulkan beberapa penyakit seperti gatal-gatal.

Sebuah survei baru-baru ini mengungkapkan angka mengejutkan perihal kebiasaan memakai celana dalam. Melansir Okezone, sekira 45 persen orang Amerika dilaporkan mengenakan celana dalam mereka selama dua hari berturut-turut atau lebih. Survei tersebut berasal dari produsen pakaian dalam Amerika, Tommy John, yang ingin menyurvei kebiasaan orang-orang di Amerika Serikat dalam mencuci pakaian.

Namun ketika mereka mempelajari sekira 1.000 orang Amerika di seluruh negeri, ditemukan bahwa hampir setengah dari mereka mengenakan celana dalam yang sama selama dua hari atau lebih lama. Sebanyak 13 persen orang Amerika yang disurvei, secara rutin mengenakan celana dalam yang sama selama seminggu atau lebih.

Seorang dosen mikrobiologi dan patologi di New York University, Amerika Serikat, bernama Philip Tierno, melansir hellosehat, mengatakan bahwa celana dalam rentan kotor karena dipakai di area kulit yang mengandung bakteri Escherichia coli (E.coli). Meski bakteri ini tidak memberikan efek buruk secara langsung dan cepat, Anda tetap perlu sering-sering menggantinya dalam sehari.

Disarankan untuk mengganti celana dalam setiap hari. Jika Anda melakukan berbagai aktivitas padat dan mengeluarkan keringat, gantilah celana dalam dua kali sehari. Namun, Anda bisa menggantinya sekali dalam sehari jika tidak melakukan kegiatan yang membuat celana dalam menjadi lembap.

Seorang pakar kesehatan wanita asal Amerika Serikat, dr. Donnica Moore, mengungkapkan bahwa celana dalam yang lembap rentan ditumbuhi jamur. Jamur bisa membuat kulit di sekitar kelamin gatal bahkan ruam. Jadi, gantilah celana dalam sesuai dengan kegiatan harian Anda.

Mengganti celana dalam yang sudah terlalu lama menjadi langkah yang cukup bijak. Anda juga bisa mengganti celana dalam jika karetnya mulai mengendur, warnanya pudar, atau mulai tidak nyaman digunakan. ** Baca juga: Jangan Salah, Minum Jus Tiap Hari Belum Tentu Menyehatkan

Jika dalam waktu setahun Anda mulai merasakan celana dalam tak lagi nyaman dipakai, segera ganti dengan yang baru.(ilj/bbs)

Berita Terbaru