Sunscreen Alami Juga Dimiliki 3 Makanan Ini

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sunscreen atau tabir surya, adalah lotion cair kimiawi yang bertindak sebagai penyaring sinar matahari. Lotion sunscreen masuk ke kulit dan akan menyerap radiasi UV sebelum mencapai lapisan kulit Anda dan merusaknya. Namun, tetap akan ada sebagian sinar matahari yang terserap oleh tubuh.

Krim sunscreen memang wajib diaplikasikan untuk mencegah kulit rusak akibat terbakar sinar matahari. Namun tahukah Anda, tubuh sebenarnya memiliki zat yang bisa melindungi kulit asalkan mengkonsumsi makanan yang tepat?

Tubuh, dikatakan Joseph S. Takahashi, PhD yang merupakan ketua jurusan neuroscience Universitas Texas, memiliki suatu enzim pelindung dari sinar UV yang diproduksi setiap hari dalam waktu tertentu.

Jadi konsumsi makanan Anda sehari-hari sangat berpengaruh terhadap keteraturan siklus produksi dari enzim tersebut. Pola makan yang teratur akan membantu enzim berfungsi secara maksimal.

Disarankan untuk mengonsumsi makanan tersebut pada siang hari untuk membantu memaksimalkan produksi enzim tabir surya yang Anda aplikasikan ke kulit. Dikutip dari beberapa sumber, berikut adalah tiga makanan yang mengandung sunscreen alami:

1. Blueberries
Blueberries adalah powerhouse dari kandungan antioksidan, dapat membantu membentengi kulit dari ancaman radikal bebas yang dapat mengakibatkan sunburn, kulit kering dan gampang keriput serta permasalahan kulit lainnya.

2. Semangka
Semangka mengandung kadar lycopene yang cukup tinggi, bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tomat. Lycopene adalah zat senyawa kimia yang berfungsi untuk menyerap sinar UVA maupun UVB, sehingga kedua radiasi sinar tersebut tidak sampai mengakibatkan kerusakan pada sel-sel kulit.

3. Kacang-kacangan & biji-bijian
Mengemil kacang walnut, almond, atau menaburi sarapan Anda dengan chia seeds ternyata sangat membantu memenuhi kebutuhan omega-3 untuk jaringan kulit Anda. Bagi tubuh, Omega 3 berfungsi untuk membantu merawat kelembutan dan kekenyalan kulit sekaligus membantu meredakan peradangan.

Omega 3 juga membantu menjaga agar tubuh Anda dapat bertahan di bawah panas matahari lebih lama tanpa khawatir mengalami heat stroke. ** Baca juga: 3 Pekerjaan Rumah Tangga yang Bisa Bantu Bakar Lemak

Meskipun demikian, ketiga makanan tadi tidak lantas bisa menggantikan fungsi krim sunscreen, lho. Hal yang disarankan adalah awali hari pagi dengan menyantap salah satu dari ketiga makanan di atas, dan jangan lupa mengaplikasikan sunscreen sebelum keluar rumah.(ilj/bbs)