oleh

Sulit Tidur Malam Hari, Lakukan 4 Cara Mudah Ini

Kabar6-Sulit tidur yang sering dialami dalam jangka panjang akan membuat Anda merasa mengantuk, lelah, dan mudah tersinggung. Hal lain, Anda akan sulit berkonsentrasi atau fokus, sehingga banyak pekerjaan yang tertunda.

Padahal bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari menjadi hal penting. Lantas, bagaimana solusinya? Melansir Womanitely, ada empat cara mudah yang bisa dilakukan agar Anda tidak lagi mengalami sulit tidur:

1. Menulis jurnal
Berpikir dan menulis tentang hal-hal yang menyenangkan dapat membantu Anda tertidur lebih cepat, nyenyak dan bangun lebih bahagia di pagi hari.

Atau Anda dapat mengambil secarik kertas dan mulai menulis beberapa cerita kecil bahagia dan menarik. Hal ini akan membantu mengatasi insomnia Anda.

Menulis jurnal dapat membantu mengurangi tingkat stres menyingkirkan pikiran negatif, menemukan solusi yang lebih baik untuk masalah Anda, dan dapat membantu melihat hal-hal yang paling positif dalam hidup Anda.

2. Meditasi
Meditasi juga dikenal mencegah dan melawan gangguan tidur. Cara ini akan menenangkan pikiran, tubuh dan diharapkan membantu Anda tertidur dengan lebih mudah dan tidur nyenyak sepanjang malam. Berdoa sebelum tidur juga merupakan pilihan yang baik untuk dipertimbangkan.

3. Baca buku
Membaca di tempat tidur adalah cara yang populer dan efektif untuk tertidur lebih cepat. Jika Anda tidak suka membaca buku, bacalah buku apa pun yang Anda temukan di rumah. Dan 20 menit membaca akan membuat Anda merasa bosan, mengantuk dan akhirnya tertidur tanpa menyadarinya.

Jika Anda seorang pecinta buku, hindari membaca buku-buku yang menarik dan favorit Anda, karena Anda mungkin akan membaca buku tersebut sepanjang malam. Pilih buku inspirasional atau ilmu yang Anda tidak ingin membaca sebelumnya.

4. Bermain dengan hewan peliharaan
Cara ini akan membantu Anda lebih rileks, menyingkirkan pikiran negatif, memerangi stres dan tidur lebih baik. Jika Anda memiliki hewan peliharaan, pertimbangkan bermain dengan binatang peliharaan beberapa menit sebelum tidur.

Bila masih merasa sulit tidur, hindari menonton TV, memeriksa email dan media sosial sebelum tidur, karena ini akan membuat Anda semakin terjaga. Selain itu, hindari konflik dengan anggota keluarga Anda. ** Baca juga: Singkirkan Keinginan ‘Ngemil’ dengan Gerakan Tangan Ini

Jika memungkinkan, matikan telepon sebelum tidur malam.(ilj/bbs)

Berita Terbaru