Sulit Tidur Malam Bisa Jadi Disebabkan Oleh Beberapa Makanan yang Anda Konsumsi

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidur berkualitas jadi salah satu kunci hidup sehat. Sayangnya, stres dan kesibukan seringkali membuat waktu tidur menjadi terganggu. Alhasil, saat bangun keesokan harinya, tubuh menjadi lemas dan tidak bersemangat.

Selain banyak pikiran, seperti dilansir Elitedaily, ternyata beberapa makanan dan minuman juga dapat menyebabkan sulit tidur di malam hari. Apa sajakah makanan dan minuman yang dimaksud?

1. Kafein
Minuman mengandung kafein seperti teh, kopi, minuman bersoda, serta minuman berenergi, dapat membuat Anda sulit memejamkan mata jika dikonsumsi menjelang tidur. Solusinya bisa diatasi dengan meminum teh herbal seperti teh bunga kamomil dan juga minum susu hangat.

2. Karbohidrat olahan
Saat malam hari, seringkali Anda tergoda mengemil snack seperti sereal atau biskuit. Padahal menurut Chris Brantner, pendiri SleepZoo, jenis makanan tersebut dapat menyebabkan peningkatan insulin hingga berakibat sulit tidur.

Dikatakan Brantner, karbohidrat olahan biasanya mengandung banyak gula. Alhasil, kadar gula dalam darah meningkat dan memicu produksi hormon kortisol pada tubuh. Hormon yang bersifat stres itu menyebabkan hormon melatonin yang mendorong tubuh untuk tidur menjadi berkurang.

3. Cokelat hitam
Makanan ini sering dianjurkan bagi penderita diabetes atau yang memiliki gula darah tinggi dalam darah. Cokelat hitam diklaim lebih menyehatkan ketimbang susu atau cokelat putih. Namun, patut diingat bahwa cokelat hitam juga mengandung kafein.

4. Konsumsi air putih berlebihan
Selain minuman yang mengandung kafein, konsumsi air putih secara berlebihan juga dapat membuat Anda sulit tidur. Meskipun Anda terhidrasi, minum terlalu banyak air putih berpotensi mendorong Anda bolak-balik kamar mandi untuk buang air kecil.

5. Makanan berlemak
Sebisa mungkin hindari makanan yang digoreng dan berlemak sebelum tidur. Menurut ahli nutrisi, Lyssie Lakatos dan Tammy Lakatos, makanan berlemak tinggi butuh waktu lama untuk dicerna. Selain itu, makanan berlemak tinggi dapat menyebabkan perut kembung hingga gangguan pencernaan.

6. Makanan pedas
Makanan pedas juga menyebabkan Anda sulit tidur, karena akan mengganggu sistem pencernaan Anda pada malam hari. ** Baca juga: Hindari Konsumsi Sejumlah Makanan Agar Tidak Terserang Migrain

Ahli nutrisi, Erin Palinski-Wade mengatakan, makanan pedas akan membuat suhu inti tubuh meningkat. Artinya, Anda akan merasakan panas seperti makanan yang dimakan sebelumnya. Ditambahkan, tubuh secara alami akan menurunkan suhunya ketika hendak tidur, tetapi makanan pedas yang sedang dicerna justru akan membuat Anda terjaga.(ilj/bbs)