oleh

Sulit Telan Makanan, Ternyata Ada Serangkaian Gigi Palsu di Tenggorokan Pria Ini

Kabar6-Seorang pria berusia 72 mengalami kejadian nahas, yaitu rangkaian gigi palsu tersangkut di tenggorokan. Sebelumnya, pria tersebut mengeluh sulit menelan dan batuk darah.

Selama ini pria yang tidak disebutkan namanya tadi rutin ke rumah sakit Universitas James Paget di Norfolk untuk operasi dan transfusi darah. Ia menjalani proses medis karena mengalami komplikasi setelah menjalani operasi perut. Enam hari setelah operasi untuk menghilangkan benjolan dari dinding perutnya pada 2018, pria itu pergi ke rumah sakit. Kepada dokter, ia mengaku tidak dapat menelan makanan padat.

Dokter yang ditemui di rumah sakit kawasan Gorleston yakin penyebab keluhan itu adalah infeksi pernapasan. Selain itu, pemasangan tabung di tenggorokan sang pasien pada operasi sebelumnya juga dinilai memberi efek samping.

Dokter lantas memberi antibiotik dan steroid pada pasien lanjut usia tersebut. Saat kembali ke rumah sakit dua hari setelahnya, staf medis memeriksa tenggorokan dan kotak suaranya. Hal yang mengejutkan, melansir Livescience, mereka menemukan benda setengah lingkaran tergeletak di pita suaranya. Pria itu lantas berkata kepada dokter bahwa dia kehilangan gigi palsu, yaitu tiga gigi palsu dan plat atap, selama operasi sebelumnya. Operasi pengangkatan gigi palsu pun dilakukan.

Penulis jurnal ilmiah itu mengatakan, keberadaan gigi palsu atau plat gigi harus dicatat sebelum dan sesudah operasi. Direktur Medis di Rumah Sakit Universitas James Paget, Hazel Stuart, mengklaim penyelidikan penuh telah dilakukan atas kasus ini. ** Baca juga: Daftar Mobil yang Dijuluki Termahal di Dunia

“Sebagai akibat kejadian ini, kami telah meninjau proses operasi dan mengubah seperlunya. Pelajaran yang didapat telah kami bagikan kepada staf,” ujarnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru