oleh

Sudah Diperkosa, Masih Dipenjara Pula

Kabar6-Malang nian nasib Marte Deborah Dalelv. Perempuan asal Norwegia yang berprofesi sebagai desain interior ini awalnya melapor bahwa dirinya telah diperkosa rekan sekerjanya.

Alih-alih berharap mendapat keadilan, ia malah dijatuhi hukuman 16 bulan penjara di Dubai, Uni Emirat Arab.

“Saya gugup dan sangat tegang, hukuman itu sangat kasar,” kata Marte Deborah Dalelv menanggapi vonis yang diterimanya seperti dikutip BBC, Sabtu (20/7/2013).

Deborah yang terkejut mendengar putusan pengadilan, langsung mengajukan banding. Pengadilan banding akan digelar pada September mendatang.

“Saya harus melewati ini, saya hanya berharap yang terbaik,” kata Deborah.

Menteri Luar Negeri Norwegia Espen Barth Eide yang mengikuti pengadilan Deborah menunjukkan keberangannya. Ia mengutuk dan menyebut putusan pengadilan bertentangan dengan gagasan keadilan serta melanggar persfektif Hak Asasi Manusia (HAM).

Adapun keberadaan Deborah di Dubai, rilis BBC, tengah melakukan perjalanan bisnis. Suatu malam pada 6 Maret 2013, ia pergi bersama teman-teman sejawatnya yang kemudian memperkosanya.

Setelah diperkosa, perempuan berusia 24 tahun ini langsung melaporkannya kepada pihak kepolisian.

Sewaktu melapor, penegak hukum menyita uang dan paspor Deborah. Empat hari kemudian, laporannya ditindaklanjuti, ia didakwa dengan tiga tuduhan, yakni melakukan seks di luar nikah, menenggak alkohol, dan memberikan keterangan palsu.(yps)

Berita Terbaru