oleh

Studi: Pria yang Tergantung Secara Finansial Terhadap Pasangannya Cenderung Berselingkuh

Kabar6-Harus diakui, penghasilan atau gaji sering menjadi masalah besar dalam suatu rumah tangga. Jika dibiarkan berlarut-larut, tentu akan memicu pertengkaran di antara pasangan suami istri (pasutri).

Nah, adakah hubungan antara besarnya penghasilan dengan perselingkuhan? Sebuah studi menunjukkan, semakin tinggi penghasilan istri membuat suami cenderung melakukan perselingkuhan.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Connecticut di Amerika Serikat, melansir cosmopolitanfm, telah mengamati data perilaku pernikahan dan seks terhadap lebih dari 2.700 orang dewasa yang sudah menikah selama satu dekade. Penelitian yang dipublikasikan dalam ‘American Sociological Review’ ini menemukan, pria yang tergantung secara finansial terhadap pasangannya, cenderung melakukan perselingkuhan.

Bahkan, perselingkuhan ini tiga kali lebih mungkin terjadi dibandingkan wanita yang menikah dengan pria yang mencari nafkah.

“Saya kira hal ini menunjukkan bahwa tak seorang pun yang suka berada tidak setara dalam suatu hubungan,” jelas Christin Munsch, penulis studi sekaligus asisten profesor Sosiologi di Universitas Connecticut.

Norma sosial, dikatakan Munisch, mempengaruhi pola pikir kaum adam, bahwa pria memainkan peran besar dalam suatu hubungan. ** Baca juga: Penuaan Dini Bisa Dipicu Oleh Konsumsi Sejumlah Makanan

Masalah ekonomi yang tergantung pada istri dapat mengancam kejantanan pria, dan berselingkuh dianggap sebagai cara untuk membangun kembali maskulinitas mereka, meskipun hal itu dilakukan secara sadar.

Benarkah demikian, bagaimana dengan Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru