oleh

Studi: Pengharum Mobil Aroma Mawar Bisa Kurangi Risiko Kecelakaan

Kabar6-Agar sirkulasi dalam mobil terasa segar, biasanya orang meletakkan pengharum yang memiliki beragam aroma. Namun tahukah Anda, ada aroma pengharum mobil tertentu yang ternyata bisa membantu mengurangi risiko kecelakaan?

Dalam sebuah eksperimen dalam simulator kendaraan, para ilmuan dari Sussex Unversity menyemprotkan aroma yang bersifat menenangkan. Temuan ilmuan menunjukkan bahwa aroma-aroma yang bisa menenangkan pengendara mobil terbukti mengurangi jumlah kecelakaan.

Dalam laboratorium mengemudi, para ilmuan menghubungkan alat penyemprot ke bagian tengah setir. Alat tersebut, melansir MailOnline, mengeluarkan aroma ketika sebuah mobil mendekati bahaya di jalan. Misalnya ketika mobil melaju terlalu kencang atau saat pengendara sepeda motor ugal-ugalan di depan mobil. Simulasi itu menggunakan beberapa aroma berbeda yang biasa digunakan pada industri parfum, antara lain mawar, lemon, hingga musky. Hasilnya, aroma mawar dapat mengurangi tingkat kecelakaan sebesar 64 persen, sementara aroma musky meningkatkan risiko kecelakaan sebesar 46 persen.

Indera penciuman diyakini bertindak lebih cepat daripada penglihatan atau pendengaran. Para ilmuan tersebut percaya dengan menciptakan aroma tertentu di dalam mobil dapat memperingatkan otak lebih cepat daripada peringatan secara visual. ** Baca juga: Apa yang Terjadi pada Lemak Saat Berat Badan Turun?

“Aroma memang perlu beberapa waktu hingga mencapai hidung, tapi begitu molekul aroma mencapai hidung, transisi dari hidung ke otak lebih cepat daripada mata dan telinga,” jelas Dmitrijs Dmitrenko, salah satu tim peneliti. Ditambahkan para ilmuwan, pengharum mobil beraroma mawar akan memiliki efek yang lebih kuat ketika aroma diembuskan secara perlahan.

Bagaimana dengan aroma dalam mobil Anda?(ilj/bbs)

Berita Terbaru