oleh

Studi: Menjadi Vegan Pengaruhi Kualitas Tidur

Kabar6-Sebuah studi dari American Journal of Lifestyle Medicine mengungkapkan, daging olahan dan makanan hewani dapat memperburuk kondisi tidur seperti apnea tidur obstruktif, gangguan di mana pernapasan Anda berhenti dan mulai saat Anda tidur.

Seorang ahli tidur di perusahaan kasur Dormeo bernama Phil Lawlor, melansir tempo.co, mengatakan bahwa makanan berlemak lebih sulit dicerna, sehingga bisa membuat tubuh Anda terlalu ‘sibuk’ untuk tidur. “Itu berarti potongan daging dan produk susu berlemak tinggi, seperti mentega dan keju, dapat mengganggu tidur Anda, terutama jika dikonsumsi berlebihan atau tiga jam sebelum tidur,” ungkapnya.

Hal penting untuk dicatat bahwa, pola makan vegan tidak akan langsung membuat Anda tidur nyenyak. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin B12, yang oleh sebagian vegan dapat kurang dalam diet mereka, diperlukan untuk menjaga siklus tidur-bangun tetap sinkron.

Vitamin B12 yang biasanya dicerna melalui produk hewani, diperlukan untuk membantu mempercepat reaksi dalam tubuh, dan jika kurang dapat menyebabkan anemia dan kerusakan sistem saraf.

Beberapa studi tidur, menurut Psychology Today, menunjukkan korelasi antara Vitamin B12 rendah dan insomnia. Phil Lawlor mengatakan, pemakan nabati dapat dengan mudah memasukkan sereal sarapan, ragi gizi dan susu nabati yang sering diperkaya dengan vitamin B12 untuk memastikan itu ada dalam makanan mereka.

Apabila Anda bukan seorang vegan dan masih ingin tidur nyenyak, ada beberapa produk yang bisa Anda kurangi sebelum tidur. Salah satunya kopi. “Efeknya berbeda oleh orang, tetapi sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan bahwa kafein yang diminum enam jam sebelum tidur memiliki efek mengganggu yang penting pada tidur,” urai Lawlor.

Ditambahkan, mengonsumsi gula dan alkohol sebelum tidur juga dapat mengganggu tidur. Sementara mengonsumsi asam amino Tryptophan juga dapat membantu Anda tidur nyenyak.

Kandungan ini dapat ditemukan pada ikan berminyak, unggas dan telur. Tetapi untuk pemakan nabati, ada cara untuk menemukannya di tempat lain dalam biji, kacang, kedelai, dan kacang-kacangan.

Baik Anda pemakan daging atau vegan, memiliki kebiasaan tidur yang baik akan membantu meningkatkan malam-malam yang gelisah dan susah tidur. ** Baca juga: Studi Ilmiah Ungkap, Nonton Film di Bioskop Dianggap Sebagai Olahraga

Jadi disarankan Lawlor, mulailah olahraga teratur, makan dan minum dengan baik, menciptakan lingkungan tidur yang cocok, memungkinkan diri Anda untuk bersantai sebelum tidur, dan berpegang teguh pada rutinitas tidur.

Saat Anda tidak bangun dengan perasaan segar atau secara teratur kesulitan untuk tidur, ini mungkin merupakan gejala dari kebiasaan tidur yang buruk. Sebaiknya berbicara dengan dokter jika Anda khawatir dengan kualitas tidur yang buruk.(ilj/bbs)

Berita Terbaru