oleh

Studi Ilmiah Ungkap, Nonton Film di Bioskop Dianggap Sebagai Olahraga

Kabar6-Menonton film di bioskop biasanya menjadi salah satu cara untuk melepas penat di akhir pekan, setelah selama lima hari sibuk beraktivitas. Namun sebuah studi ilmiah mengungkapkan, menonton film di bioskop dapat dianggap sebagai bentuk lain dari olahraga.

Studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di University College London, melansir Womantalk, menunjukkan bahwa menonton film setara dengan latihan kardiovaskular ringan. Menonton adegan emosional dari sebuah film tidak hanya meningkatkan detak jantung, tetapi juga meningkatkan kesehatan otak dan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi.

Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa menonton film di bioskop adalah bentuk olahraga yang lebih efektif. Tetapi hal ini lebih disebabkan karena kurangnya gangguan yang ada ketika Anda berada di bioskop, sehingga dapat berinvestasi lebih emosional dalam film.

Dalam detail percobaan, studio fokus pada 51 pembuat film sambil menonton film ‘Aladdin’ langsung di bioskop. Setiap peserta mengenakan sensor yang menunjukkan suhu tubuh, detak jantung, dan respons kulit.

Untuk film berdurasi 45 menit, detak jantung berkisar dari 40-80 persen. Para penonton bioskop juga menyinkronkan detak jantung dan respons emosional kulit selama momen-momen intens film tersebut. Jika Aladdin dianggap sebagai olahraga ringan, maka film ‘Avengers: Endgame’ bisa dianggap sebagai maraton.

Studi ini menunjukkan, film tidak hanya memberikan pengalaman emosional positif tetapi juga manfaat fisik. Saat menonton film, pikiran bekerja keras untuk bergabung dengan titik plot, mengevaluasi karakter, dan memproses emosi ekstrem selama adegan intens.

Selain itu, studi mengungkapkan bahwa emosi dan kesehatan mental terkait dengan kebugaran fisik. Tidak mengherankan bahwa pengalaman emosional ini dianggap memiliki pengalaman fisik yang sama. ** Baca juga: Kebiasaan Mandi yang Justru Tidak Sehat

Menyenangkan, bukan?(ilj/bbs)

Berita Terbaru