oleh

Studi: Butuh Waktu 6 Bulan untuk Seseorang Agar Bisa ‘Move On’ Setelah Putus Cinta

Kabar6-Setelah hubungan cinta kandas, sebagian orang tetap tegar menjalani hari-harinya dan bahkan segera mendapat pengganti yang baru. Sebaliknya, tidak sedikit yang belum move on alias susah melupakan mantan.

Sebuah penelitian yang dirilis oleh US Magazine berjudul ‘The Journal of Positive Psychology’, menemukan bahwa butuh 11 minggu bagi seseorang untuk melihat sisi positif dari perpisahan. Setelah melihat sisi cerah dari hal yang tak menyenangkan, move on akan lebih mudah dilakukan.

Penemuan dari Monmouth University, New Jersey, oleh dua peneliti yaitu Gary Lewandowski dan Nicole Bizzoco, melansir Wolipop, juga menemukan fakta butuh enam bulan untuk seseorang bisa move on setelah patah hati. Disebutkan, 11 minggu pertama umumnya orang akan merasa lebih baik terhadap dirinya dan mulai membuat strategi untuk membenahi diri menjadi pribadi yang lebih baik.

Gary dan Nicole mengundang 155 responden yang baru putus cinta selama enam bulan terakhir ini. Ditemukan, 71 persen responden mengaku sudah bisa move on dari patah hati kurang lebih selama enam bulan.

Penelitian juga menemukan, tiga bulan setelah patah hati adalah masa penyembuhan, periode untuk menerima kenyataan yang ada sekarang.

Disebutkan, 11 minggu sampai enam bulan bisa dibilang waktu yang sebentar. Namun itu berlaku untuk hubungan dalam jangka pendek dan menengah.

Lantas, bagaimana dengan hubungan yang sudah bertahun-tahun atau bagi mereka yang bercerai? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk move on dari perceraian?

Penelitian lain dari sebuah situs kencan online, Fifties, menemukan setidaknya butuh 18 bulan untuk bisa bangkit lagi setelah perceraian dalam pernikahan.

Jadi, enam kali lebih lama dari jangka waktu yang dibuat oleh Gary dan Nicole pada penelitian sebelumnya. Hal ini disebabkan karena pernikahan memiliki komitmen yang lebih serius dan dalam.

Satu dari enam responden mengatakan sulit untuk menerima perasaan gagal dalam pernikahan. Kemudian, 31 persen mengatakan bahwa mereka kadang masih merasakan kesedihan setelah 18 bulan, sementara 43 persen lainnya merasa lebih lega ketika kasus perceraian selesai. ** Baca juga: Fakta Seputar Cuaca dengan Warna Hitam dan Putih

Apakah Anda termasuk orang yang susah move on, atau justru bisa cepat melupakan mantan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru