oleh

Stres Ternyata Diperlukan Juga Lho

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Setiap orang sudah pasti pernah mengalami stres. Ada banyak cara untuk mencegah stres, dengan tujuan agar hidup Anda menjadi tenang tanpa gangguan apa pun. Tapi mungkin ada satu hal yang belum Anda ketahui, bahwa stres itu penting untuk membuat kita dapat bertahan hidup.

Ketika stres, dikutip dari womenshealth.co.id, tubuh menjadi lebih waspada karena jantung terpompa lebih cepat dan keras, pembuluh darah menyempit, otak bekerja lebih cepat, dan hormon lebih aktif.

Namun tentu saja jika kondisi ini terjadi terus menerus, bukan hanya masalah mental dan emosi yang Anda hadapi, tapi juga kesehatan menjadi taruhannya.   

“Salah satu masalah terbesar yang saya lihat sepanjang karier saya adalah para wanita datang dengan beberapa tanda fisik stres,” ungkap Nancy Molitor, Ph.D., profesor psikiatri di Northwestern University Feinberg School of Medicine.

Dalam sebuah penelitian ditemukan, stres dan emosi negatif lainnya secara konsisten terkait dengan kesehatan fisik yang buruk pada lebih dari 150.000 orang di 142 negara. Semua itu karena pikiran dan tubuh terhubung secara intrinsik.

“Stres emosional membuat tubuh memproduksi hormon stres seperti kortisol, yang jika diproduksi secara terus menerus dapat menurunkan kekebalan tubuh, mempengaruhi sistem pencernaan, saraf, dan muskuloskeletal (otot dan kerangka tubuh),” jelas Molitor.

Sisi negatifnya, gejala-gejala fisik akibat stres ini dapat memperparah kecemasan Anda. Jika siklus ini tidak segera diakhiri, bisa membawa Anda pada masalah serius seperti obesitas, depresi, dan penyakit jantung.

Cara terbaik untuk mengurangi stres secara keseluruhan adalah dengan tidur cukup, mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, memiliki teman-teman yang menyenangkan, dan fokus hanya pada hal-hal yang ada dalam kendali Anda. ** Baca juga: Ahaay…Jatuh Cinta Bikin Wanita Makin Cantik

Menjalani hidup secara seimbang akan mendukung kesehatan tubuh Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru