oleh

Stres Sebabkan Sembelit, Ini Penjelasannya

Kabar6-Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami susah buang air besar (BAB) atau sembelit. Salah satunya disebabkan stres atau emosional psikologis. Hal ini karena stres bisa mempengaruhi saraf yang mengontrol fungsi usus sehingga menyebabkan sembelit.

Diketahui, usus adalah organ yang sangat sensitif dan dapat dipengaruhi oleh berbagai pengaruh eksternal termasuk kecemasan dan perubahan dalam rutinitas. Tanpa disadari, stres yang terjadi untuk jangka panjang bisa menjadi penyebab sembelit.

Selain itu, melansir DetikHealth, sembelit bisa berhubungan dengan sesuatu yang sederhana seperti terlalu sibuk untuk mendapatkan waktu pergi ke toilet. Jadi salah satu caranya adalah mengurangi tekanan dalam hidup, mengonsumsi serat yang cukup serta tidak mengabaikan dorongan dari dalam tubuh untuk BAB.

Terdapat tiga jenis sembelit yang bisa dialami oleh seseorang, antara lain yaitu:
1. Sembelit akut, adanya perubahan mendadak dalam BAB yang biasanya jadi sinyal adanya masalah serius di usus seperti tumor usus besar sehingga perlu perhatian medis.

2. Sembelit kronis, perubahan BAB untuk jangka waktu panjang yang biasanya akibat kurangnya aktivitas fisik atau kebiasaan makan yang salah.

3. Sembelit parah, jika BAB kurang dari satu kali dalam seminggu yang biasanya memerlukan pengosongan usus dan pemeriksaan.

Beberapa orang diketahui rentan mengalami sembelit seperti lansia, ibu hamil, sering bepergian (wisatawan), pola hidup yang tidak sehat, pecinta junk food, kurang mengonsumsi cairan serta pasien yang harus selalu berada di tempat tidur. ** Baca juga: Kapan Waktu yang Pas untuk Bakar Kalori?

Namun sembelit ini tidak boleh diabaikan karena pada kebanyakan kasus, penyebab sembelit ini akibat adanya penyimpangan gaya hidup.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru