oleh

Stres Picu Bau Mulut

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Pernahkan Anda mengalami aroma napas tiba-tiba berbau padahal sedang tidak sakit? Apa yang sebenarnya sedang terjadi? Kondisi ini ternyata bisa disebabkan karena Anda sedang mengalami stres. Ya, stres disebut memiliki kaitan dengan bau napas tak sedap.

Saat stres, dikutip dari Warta Kesehatan, sistem saraf simpatik dalam tubuh bereaksi negatif yang dapat mengurangi produksi air liur. Akibatnya, mulut menjadi kering dan menimbulkan aroma tak sedap.

Gas yang dikeluarkan oleh bakteri dalam air liur juga berpengaruh ketika stres. Kondisi ini diperparah dengan bakteri yang menempel di rongga mulut, sehinggamembuat bau tak sedap hingga dua kali lipat. ** Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh Jika Konsumsi Makanan Pedas Berlebihan?

Meskipun sebagian orang mengatasi bau mulut dengan obat kumur, hal ini belum tentu bisa menyegarkan napas, karena beberapa obat kumur yang mengandung alkohol justru membuat efek sebaliknya. Jika penyebab bau mulut adalah stres, pastikan stres dikelola dengan baik agar aroma napas tak sedap tidak semakin parah.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru