oleh

Stres Makin Parah Karena Konsumsi Ini

Kabar6-Tuntutan pekerjaan di kantor ditambah biaya hidup yang semakin membumbung, membuat sebagian orang menjadi stres. Ada berbagai cara untuk meminimalisir stres, salah satunya adalah menerapkan gaya hidup sehat atau berolahraga.

 

Cara lain adalah dengan menghindari konsumsi makanan seperti berikut:

 

1. Ketika Anda mengalami stres, disarankan agar tidak mengonsumsi minuman penambah energi, karena mengandung kadar kafein dan gula tinggi. Keduanya adalah kombinasi yang dapat memperburuk stres.

 

2. Stres akan mengganggu sistem pencernaan tubuh. Hal itu akan semakin parah apabila Anda mengonsumsi makanan pedas, sehingga mengakibatkan timbulnya asam refluks yang akan menghambat pencernaan.

 

3. Makanan manis dapat meningkatkan insulin dan menaikkan gula darah, sehingga menimbulkan keinginanan untuk terus mengonsumsi makanan tersebut. Namun begitu makanan habis, Anda akan kembali stres.

 

4. Mengonsumsi kopi memiliki efek dapat meningkatkan stres. Kafein pada kopi membuat Anda terus terjaga sehingga sulit tidur serta merasa gelisah. ** Baca juga: Sisi Lain Bahaya Minum Kopi

 

5. Makanan olahan seperti sosis, ham, kornet atau keripik, banyak mengandung sodium, lemak dan zat aditif yang dapat meningkatkan stres. Makanan yang tinggi lemak, gula dan garam dapat meningkatkan tingkat kortisol (hormon pemicu stres) dalam tubuh.

 

6. Kandungan karbohidrat yang tinggi dan lemak dalam kentang goreng dapat memberikan energi, tetapi juga hipertensi karena biasanya mengandung sodium tinggi. Saat tekanan darah naik, Anda akan mudah marah.

 

7. Permen karet yang menggunakan perasa buatan dapat memperparah tingkat stres dan membuat pencernaan terhambat. Selain itu, permen karet dapat membuat perut kembung dan rasa tidak nyaman yang dapat menambah tingkat stress.

 

Terapkan pola hidup sehat dan hindari makanan pencetus stres. (ilj/bbs)

Berita Terbaru