oleh

Stres, Hindari 9 Jenis Makanan Ini

Kabar6-Saat stres datang, banyak orang yang melampiaskannya dengan ‘lari’ ke makanan. Ada berbagai makanan yang dilahap, terutama makanan asin, berlemak, dan manis.

Nah, sebuah penelitian di Amerika menunjukkan bahwa sering mengonsumsi makanan tinggi kalori dan tinggi lemak saat stres dapat memperlambat laju metabolisme tubuh, yang dapat berujung pada peningkatan berat badan dan obesitas.

Jadi bila Anda sedang dilanda stres, melansir Womenshealthmag, terdapat jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi. Apa sajakah itu?

1. Donat
Mengonsumsi donat justru dapat meningkatkan rasa cemas dan stres, karena banyaknya gula yang terdapat di dalamnya justru dapat meningkatkan kadar hormon kortisol.

2. Pretzel
Pretzel terdiri dari karbohidrat sederhana yang memang dapat memperbaiki mood. Namun hal itu hanya untuk sementara, dan mood Anda pun akan kembali seperti sediakala.

3. Keripik kentang
Sebuah penelitian di Amerika menemukan bahwa diet tinggi lemak trans dapat menyebabkan terjadinya peningkatan berat badan, terutama di bagian perut, yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

4. Latte
Kafein memang terbukti dapat memperbaiki mood, menstimulasi aktivitas dopamin di dalam otak, dan menurunkan risiko terjadinya stroke. Namun berbagai jenis minuman kopi manis yang mengandung banyak kalori justru dapat memperburuk kondisi Anda.

5. Kentang goreng
Kentang goreng merupakan makanan yang mengandung banyak lemak, karbohidrat, dan mungkin lemak trans yang dapat meningkatkan risiko terjadinya depresi dan penumpukkan lemak perut.

6. Es krim
Kandungan gula di dalam es krim dapat meningkatkan kadar gula darah Anda, tetapi begitu juga dengan kadar hormon kortisol (hormon stres). Selain itu, es krim juga mengandung laktosa yang dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan bila Anda menderita intoleransi laktosa.

7. Minuman bersoda
Sekaleng minuman soda biasa memiliki kadar gula yang sama dengan 10 sendok teh gula. Diet soda juga tidak lebih baik. Sebuah penelitian menemukan bahwa pemanis buatan yang terdapat di dalam diet soda dapat mempengaruhi keseimbangan bakteri di dalam usus yang dapat memicu terjadinya obesitas dan diabetes.

8. Nachos
Banyaknya keju dan karbohidrat sederhana yang terdapat di dalam nachos tidak dapat membuat mood Anda menjadi lebih baik. ** Baca juga: Berapa Sih Sebenarnya Ukuran Ideal Lingkar Perut Wanita?

9. Koktail
Koktail merupakan minuman manis yang mengandung alkohol serta tinggi kalori. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan hormon kortisol.

Lebih baik pilih makanan sehat seperti sayur dan buah, atau melampiaskan stres dengan berolahraga.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru