oleh

Stres Berlebihan Bisa Sebabkan Sejumlah Gangguan Kesehatan, Lho

Kabar6-Meskipun stres selalu ada dalam keseharian, para pakar berpendapat bahwa tubuh kita tidak bisa terus menerus ‘siaga’ terhadap serangan stres. Tidak hanya mengganggu mental, stres juga menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan.

Kondisi stres terus menerus atau stres yang berlebihan akan menimbulkan gangguan kesehatan. Melansir beberapa sumber, ini dia gangguan yang dimaksud:

1. Kurang vitamin
Kondisi stres membuat tubuh kita kehilangan mineral dan vitamin yang membantu jalannya proses sistem tubuh. Stres juga membuat kemampuan tubuh menyerap gizi penting menjadi menurun, sehingga makanan yang dikonsumsi sulit diubah menjadi energi.

Magnesium dan vitamin B (B1, B2, B3, B5, dan B6) adalah yang paling cepat terkikis kalau Anda mengalami stres kronis. Padahal dua zat penting inilah yang membentuk sel-sel darah merah baru dan menjaga detak jantung kita.

Magnesium dan vitamin B kompleks juga membantu tubuh mengurangi sakit kepala, insomnia, dan sugar craving, kondisi-kondisi yang sering muncul saat kita sedang stres.

2. Adrenal fatigue
Gangguan yang satu ini tidak terjadi begitu saja, melainkan akumulasi dari berbagai stres yang terus menerus. Tanpa adanya waktu untuk jeda dan pulih, kelenjar adrenal Anda bisa melemah dan memicu banyak gangguan fisik lainnya.

Ini karena kelenjar adrenal dalam kondisi normal akan menghasilkan hormon yang mengatur metabolisme dan sistem imun tubuh, serta tekanan darah dan kemampuan tubuh untuk bisa merespon stres. ** Baca juga: Hindari Penuaan Dini dengan Ubah Cara Berolahraga yang Kurang Tepat

Meskipun tidak terlihat, gangguan psikis seperti stres kronis sangat berpengaruh pada tubuh kita. Jadi jangan tunggu stres menumpuk, ada baiknya konsultasikan masalah pada orang dekat yang dipercaya atau pakar di bidang medis, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru