oleh

Stok Darah PMI Pandeglang Kritis

Kabar6-Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Pandeglang, kekurangan stok darah. Bahkan, kini stok darah untuk golongan AB, dalam kondisi benar-benar kosong.

 

Sejak Kamis (19/11/2015), stok darah di PMI Cabang Pandeglang hanya tersisa 75 kantong darah. Terdiri dari golongan darah A (10 kantong), B (45 kantong), O (20 kantong) dan AB kosong.

 

Stok darah yang ada saat ini masuk dalam kondisi kritis, mengingat stok darah ideal berjumlah 400 sampai 500 kantong darah.

 

Staf Pelayanan Kesehatan dan Donor Darah PMI Cabang Pandeglang, Tariono, mengatakan untuk menutupi lekurangan itu pihaknya kini bekerjasama dengan RSUD Pandeglang untuk menggelar donor darah ke luar daerah.

 

Langkah itu diharapkan dapat membuat ketersediaan stok darah bisa kembali tercover dalam kurun waktu satu bulan kedepan. ** Baca juga: Pengedar Narkoba Kawasan Batu Ceper Ditangkap

 

“Stok darah yang kami miliki sekarang itu bisa dibilang sangat kritis dan tidak aman. Bahkan untuk darah golongan AB sudah kosong semenjak dua hari yang lalu, kekosongan tersebut di sebabkan tidak adanya agenda donor darah dari empat hari kemarin,” punggasnya.

 

Kata Tariono, kekurangan darah AB sering terjadi, bukan karena tidak adanya pendonor darah, tapi orang yang bergolongan AB sedikit, sedangkan permintaan banyak.

 

“Untuk menutupi kekurangan itu, kami bekerjasama dengan Kabupaten lain. Seperti, Lebak, Serang dan Tanggerang. Selain itu, kami juga menargetkan pendonor darah di angka dua persen dari total jumlah penduduk Pandeglang. Jika itu bisa tercapai, maka stok darah di kita bisa mencukupi,” pungkasnya.(mg/tom migran)

Berita Terbaru