oleh

Srikaya, Si Nona Padat Manfaat

ilustrasi bbs

Kabar6-Srikaya atau buah nona (Annona squamosa), merupakan tanaman yang berasal dari daerah tropis. Bentuknya bulat dengan kulit bermata banyak dan memiliki daging buah berwarna putih.

Ternyata tidak hanya bentuknya yang menarik, manfaat srikaya pun menarik untuk diketahui. Bagaimana tidak, nyaris semua bagian srikaya dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, mulai dari daun, akar, buah, biji, hingga kulit.

Srikaya bermanfaat sebagai obat diare, batuk ringan, anti radang, memperlancar pencernaan dan lain lain.

Selain itu ada beberapa manfaat srikaya yang wajib Anda ketahui:

1. Kandungan vitamin B6 dalam srikaya dapat mencegah terjadinya penumpukan hemosistein, yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung.

2. Srikaya mengandung vitamin B yang sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi tubuh penting lainnya.

3. Selain kaya akan vitaminĀ  B dan vitamin C, buah srikaya kaya akan kandungan niasin yang dapat menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

4. Srikaya baik dikonsumsi bagi penderita konstipasi karena kaya akan serat yang akan memperlancar saluran pencernaan. Selain itu serat juga dapat memperlambat laju penyerapan gula darah sehingga dapat mencegah diabetes.

5. Srikaya memiliki kandungan asam folat yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan otak bayi, sehingga sangat dianjurkan untuk ibu hamil.

Bagi Anda yang kurang suka makan buah-buahan, tidak ada salahnya mencoba mencicipi srikaya karena khasiatnya yang tidak biasa.(bbs)

Berita Terbaru