oleh

SPSI Blokir Akses Bandara Soetta

Kabar6-Ratusan buruh dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) memblokir Jalan Marsekal Suryadharma, yang merupakan akses menuju Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Rabu (30/4/2014).

Aksi tersebut dilakukan buruh dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau yang biasa disebut May Day.

Peringatan Hari Buruh Internasional dilakukan buruh sehari lebih awal oleh buruh SPSI, mengingat 1 Mei sudah ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Para buruh sengaja memilih Bandara Soetta untuk di jadikan titik aksi unjuk rasa, sebagai simbol perlawanan terhadap sikap pemerintah karena tidak tegas dalam menindak pengusahan nakal, yang masih memberlakukan upah murah dan siatem kerja kontrak.

Sukana, salah seorang aktivis buruh mengatakan, selain penolakan atas upah murah dan sistem kerja  kontrak, buruh juga mendesak agar pemerintah kembali menaikan upah buuh untuk tahun 2015 mendatang sebesar 30 persen.

“Upah murah dan kerja kontrak tetap menjadi isu utama. Namun, kenaikan upah juga menjadi target peringatan buruh internasional tahun ini,” terangnya.

Akibat aksi para buruh, kemacetan cukup parah dikawasan Jalan Suryadarma tak bisa terelakkan. Untuk menghindari kerusuhan, polisi bersiaga di sekitar bandara. **Baca juga: May Day, Buruh Kerja Harus Peroleh Lembur.

Para buruh akhirnya memilih membubarkan diri, setelah barikade polisi menghalau mereka saat hendak memasuki kawasan Bandara Soetta.(rani)

Berita Terbaru