oleh

Sosialisasi Teknologi Nuklir ke Masyarakat, Batan Butuh Peran Stakeholder

Kabar6-Hari Ulang Tahun (HUT) Batan Ke-60, Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) meminta seluruh stakeholder untuk mensosialisasikan teknologi nuklir ke masyarakat luas.

Hal itu disampaikan Djarot Sulistio Wisnubroto selaku Kepala Batan di Gedung Graha Widya Bhakti, Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu (5/12/2018).

Memajukan teknologi nuklir di Indonesia masih banyak tantangan yang harus dihadapi. Sementara, sebagian stakeholder termasuk di pemerintahan tidak memahami atau tidak ingin tahu soal Batan.

“Hal ini berimplikasi jauh bahwa ada kemungkinan produk kita tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” papar Djarot.

Maka dari itu, Djarot mengharapkan peran aktif dari seluruh stakeholder untuk bisa mensosialisasikan teknologi nuklir kepada khalayak luas.

Selain itu, lanjut Djarot, memperbanyak dan memperkuat jejaring juga menjadi bagian penting dalam mensukseskan kegiatan sosialisasi teknologi nuklir.

“Salah satu langkah kecil adalah menggunakan sebagian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk kegiatan promosi. Kalau itu bisa dilaksanakan, kita buat program yang konsisten, maka dampaknya akan luar biasa,” ungkapnya.

Sama halnya dengan HUT Batan kali ini, pihaknya telah menggelar berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat luas, khususnya yang berada disekitar kawasan fasilitas nuklir. Hal itu juga merupakan upaya mendekatkan teknologi kepada masyarakat.

Terkait HUT Batan ini, lanjut Djarot, ada tiga makna yang dapat diambil yakni, kontribusi teknologi nuklir terutama di bidang non energi menunjukkan prospek yang menjanjikan.

**Baca juga: Warga Kampung Cogreg Kebon Lo Tangkap Ular Sanca Kembang.

“Kedua, bangsa Indonesia terbukti mampu mengelola fasilitas nuklir secara aman dan selamat. Ketiga, dalam penguasaan teknologi nuklir, Indonesia telah diperitungkan di kancah Internasional,” terangnya.

Dengan mengusung tagline We60Up (we go up), Djarot berharap BATAN harus selalu menjadi lebih baik, terus berprestasi meskipun dengan berbagai keterbatasan yang dimilikinya. (fit)

Berita Terbaru