oleh

Sore Ini, Kawasan Anyer Diprediksi Macet Total

Kabar6-Hari ini menjadi hari terakhir libur bagi anak sekolah. Seiring itu, kawasan wisata di Provinsi Banten seperti Pantai Sawarna, Anyer, hingga Carita, diprediksi bakal mengalami kemacetan parah.

“Hanya di tempat wisata yang diprediksi macet. Karena (pengunjung) destinasinya (tempat tujuan wisata) tidak jelas. Banyak wisatawan gak tau tujuannya kemana. Paling Minggu sore macetnya, pas baliknya,” kata Kepala Bidang Pengendalian dan Operasi (Kabidalops) Dishub Provinsi Banten, Abadi Wuryanto, Minggu (26/07/2015).

Guna mengantisipasi macet tersebut, para wisatawan yang akan menuju Pantai Anyer maupun Pantai Carita, diminta untuk mengambil jalan alternatif.

Seperti pengunjung dari Jakarta ataupun Tangerang, bisa keluar Pintu Tol Serang Timur lalu mengambil arah Palima-Ciomas-Pasar Teneng-Cinangka-Anyer atau bisa juga keluar Tol Cilegon Barat masuk ke Jalan Lingkar Selatan-Ciwandan-Pasar Anyer.

“Antisipasi kemacetan, kita ada penanganan gatur lalin (penjagaan dan pengaturan lalu lintas) dengan polda. Sistemnya juga mengkanalisasi arus pengaturan lalu lintas. Leading sektornya ada di Polda,” terangnya.

Guna mengurangi angka kemacetan, para wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor diimbau tidak memarkir kendaraannya, terlebih dibahu jalan yang bisa menghambat arus lalu lintas kendaraan yang keluar masuk dari tempat wisata.

“Itu jalur penanganan kemacetan wisata. Parkir ditempat wisata sudah kita tangani, tidak ada parkir sembarangan di badan jalan, harus dikantong parkir tempat wisata. Menggunakan pemisah arus dari Anyer atau menuju ke Anyer,” jelasnya. **Baca juga: Mudik Lebaran 2015, 13 Orang Meninggal di Banten.

Para wisatawan diharapkan selalu memperhatikan keselamatan, terlebih bagi pengendara roda dua yang rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas.(tmn/din)

Berita Terbaru