oleh

Sopir Taksi Ini Dipecat Karena Tidur Saat Mengemudi

Kabar6-Ada banyak penyebab kecelakaan yang terjadi di jalan raya. Salah satunya adalah akibat microsleep atau tidur saat mengemudi. Nah, kondisi ini juga yang dialami He, seorang sopir taksi di Tiongkok.

Sebuah video dashcam di dalam taksi, melansir metro.co.uk, memperlihatkan saat He tertidur selama beberapa menit sebelum akhirnya menabrakkan mobilnya di jalanan kota Shenzhen, Provinsi Guangdong. Untung saja jalanan masih sangat sepi sehingga tidak memakan korban jiwa. Diketahui, He adalah pengemudi taksi dari perusahaan Dragonair. Ia baru saja menyelesaikan shift kerja malam hari sehingga diduga mengantuk berat saat akan memulangkan taksi tersebut.

Akibatnya, pihak perusahaan langsung memecat He. Tak hanya itu, He juga masuk dalam daftar hitam sehingga dilarang untuk menjadi sopir taksi lagi di masa depan karena dianggap bisa membahayakan orang lain.

Diketahui, setiap tahunnya ada 200 ribu orang meninggal di Tiongkok karena kecelakaan di jalan raya. Sekira 90 ribu dari kasus kecelakaan ini disebabkan oleh kelelahan atau pengemudi yang mengantuk.

Dalam banyak kasus, microsleep bisa berlangsung sangat singkat, yakni beberapa detik. Hal yang menjadi masalah, beberapa detik ini sudah cukup untuk membuat laju kendaraan tak terkendali dan akhirnya memicu kecelakaan. ** Baca juga: Tragis, Seorang Bayi Meninggal Gara-gara Tidur di Dada Ayahnya

Prof. Jim Horne yang berasal dari Universitas Loughborough menyebutkan, kondisi microsleep ini akan terjadi saat tubuh sudah sangat letih dan benar-benar membutuhkan istirahat. Namun banyak pengemudi yang memilih untuk tetap berkendara karena ingin mencapai tujuan sehingga mengabaikannya. Tubuh yang sudah tak lagi mampu waspada pun akhirnya mengalami microsleep.(ilj/bbs)

Berita Terbaru