oleh

Soal BBM Jadi Penyebab Sampah Menutup Jalan TPA Dengung, DPRD Lebak: Harusnya Bisa Diantisipasi

Kabar6-Keterlambatan BBM untuk alat berat menjadi salah satu penyebab sampah menutupi jalan di Tempat Pemprosesan Akhir Sampah (TPA) Dengung, Desa Sindangmulya, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak.

Terlambatnya pasokan BBM membuat alat berat tak bisa beroperasi berhari-hari untuk memindahkan tumpukan sampah yang turun dari truk-truk pengangkut.

Ketua Komisi IV DPRD Lebak Rully Sugiharto Wibowo menyayangkan, persoalan tersebut bisa terjadi. Pasalnya, pengelolaan sampah yang bukan merupakan hal baru seharusnya bisa mengantisipasi persoalan tersebut.

“Masalah sampah kan bukan hal yang baru, tapi sudah rutin, dengan kerutinannya itu harusnya tahu kendalanya di mana dan seperti apa menanganinya,” kata Rully, Kamis (15/4/2021).

Jika persoalan ada pada masalah BBM, seharusnya menurut politisi Partai Golkar ini, sudah bisa diantisipasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Kalau alasannya karena lambatnya BBM, kan harusnya sudah bisa diantisipasi sejak awal. Kalau lambatnya BBM karena uangnya belum ada, harusnya diupayakan dong untuk dana talangan,” sebut Rully.

**Baca juga:http://Larangan Mudik, Penyekatan Dilakukan di Dua Titik Perbatasan Lebak

“Kalau sulit cari itu, kan bisa komunikasi dengan Komisi IV untuk mencari solusi, agar persoalan tersebut tidak terjadi,” tambahnya.

Lebih lanjut Rully mengatakan, pengelolaan sampah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lebak sudah seharusnya matang, mulai dari pengangkutan dari masing-masing wilayah hingga pemprosesan di TPA.

“Ya akan dilakukan pemanggilan, kalau ada yang perlu dievaluasi maka harus dievaluasi,” kata Rully.(Nda)

 

 

Berita Terbaru