oleh

SMS Gelar Festival Kuliner Serpong 2015 Makanan Khas Sumatra Utara

Kabar6-Sukses menjadi penggagas event kuliner pertama di area Tangerang, Summarecon Mal Serpong (SMS) untuk kelima kalinya akan menggelar  Festival Kuliner Serpong (FKS).

 

Event tahunan ini kembali dilaksanakan pada 14 Agustus-6September 2015, dengan tetap membawa budaya Nusantara sebagai ciri khas kulinernya.

 

Setelah memperkenalkan kekayaan dari budaya Bali, Sumatra Barat, Jawa, dan Sulawesi, kini SMS tertantang untuk menyuguhkan ragam kuliner serta budaya Batak yang merupakan salah satu suku yang berada di Provinsi Sumatra Utara.

 

Dengan mengusung tema “Horas…Beta Mangan Hita”, FKS akan hadir memuaskan hasrat pengunjung SMS yang ingin mencicipi lezatnya kuliner khas Sumatra Utara khususnya dan kuliner nusantara umumnya.

 

“Sebagai orang Indonesia sepatutnya kita bangga dengan budaya dan begitu banyaknya makanan khas daerah. Melalui Festival Kuliner Serpong, SMS akan mengupas satu per satu makanan khas Indonesia. Di Festival Kuliner Serpong 2015 ini kami mendukung 89 UKM yang 15 persennya adalah pedagang makanan khas Medan yang khusus kami datangkan dari Sumatra Utara,” tutur Soegianto Nagaria, Direktur Summarecon, saat meresmikan dibukanya Festival Kuliner Serpong 2015, Jumat (14/8/2015).

 

Area parkir selatan SMS tetap dipilih untuk menjadi lokasi digelarnya event tahunan ini, karena lokasinya yang strategis dan mampu menampung pengunjung dalam jumlah banyak.

 

“Sebelumnya, SMS telah menyelenggarakan FKS dengan tema “Beauty Of Bali” (2011), “Minang nan Rancak” (2012), “Jawa Sing Ngangeni” (2013), dan “Sulawesi Nyamanna’ Pe Sadap” (2014). Di tahun ini, SMS ingin mengajak pengunjung untuk lebih mengenal lebih dalam dan mengetahui kuliner nusantara khususnya Sumatera Utara lewat suguhan makanan tradisional, suguhan budaya serta tari-tarian suku Batak Toba dan Batak Karo,” ujar Soegianto.

 

Selain UKM makanan khas Medan seperti Lapo Ni Tondongta Senayan, Lontong Medan Alay, Lap Choi & Mie Sop Ayam Medan, Martabak Medan, Asli Soto Medan Muara Karang, dan Kwetiaw Ashim Medan, FKS 2015 SMS juga menghadirkan puluhan pedagang makanan tradisional lain, seperti Es Campur Jelly Pluit Sakti, Bihun Bebek 75 Pluit Sakti, Nasi Goreng Kebon Sirih, Angkringan Nasi Kucing Koboi, Srabi Notosuman Ny. Handayani Sate Ayam Blok S dan masih banyak lagi.

 

Uniknya, dalam area FKS pengunjung akan disambut oleh ornamen rumah bolon atau rumah adat Batak, yang berjejer sebanyak tiga buah yang menjadi gerbang utama dan panggung utama FKS.

 

Tidak ketinggalan Tugu Berastagi yang merupakan Tugu Revolusi sebagai saksi sejarah di Kota Berastagi Kabupaten Karo yang pastinya akan menambah kental suasana seperti di daerah asalnya.

 

Menambah semarak Festival Kuliner Serpong 2015, SMS juga akan menghadirkan para musisi berdarah Batak dan setiap harinya pengunjung SMS akan dihibur dengan alunan instrumen tradisional khas suku Batak yaitu Uning Uningan. ** Baca juga: Gipang, Camilan Khas Banten yang Mulai Langka

 

FKS dibuka setiap hari dengan waktu operasional pada hari Senin hingga Kamis pukul 16.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Sedangkan Jumat pukul 14.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB, dan Sabtu-Minggu serta libur nasional akan buka pukul 11.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. (asri)

Berita Terbaru