oleh

Situ Legoso Tangsel Segera Direvitalisasi

Kabar6-Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melansir bahwa luas lahan Situ Legoso di Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat Timur, terus menyusut.

Bila sebelumnya luas situ dimaksud mencapai 4 hektare, kini jumlahnya hanya tinggal 4.000 meter persegi.

“Yang tersisa ini kami selamatkan dulu. Dan, akan kami normalisasi,” terang Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Tangsel, Aji Awan, Selasa (29/4/2014).

Menurutnya, pada tahun ini usulan pihaknya berupa program revitalisasi Situ Legoso, telah disetujui Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum. Hal serupa sebelumnya juga dilakukan pada Situ Ciledug dan Situ Sasak Tinggi.

Terkait program tersebut, Pemkot Tangsel sendiri sudah menyediakan anggaran sekitar Rp 800 juta. Normalisasi akan dilakukan dari aliran air di perumahan Legoso, kemudian Situnya, dan lurus hingga ke Sungai Pesanggrahan.

Sementara, Kadis Bina Marga dan SDA Kota Tangsel, Retno Prawati memastikan, bahwa normalisasi tidak akan berjalan, sebelum nota kesepahaman atau MoU antar Kota Tangsel dengan Kementerian PU terlaksana.

“Draft MoU nya sudah ada di meja Ibu Walikota, kalau sudah ditandatangani, pasti kami ajukan ke Kementerian PU,” ungkapnya.

Ternyata, tak hanya Kota Tangsel saja yang mengajukan MoU dengan Kementerian PU. Melainkan ada 8 daerah di Jabodetabek, yang mengajukan permohonan MoU untuk mengurus sendiri situ di daerah masing-masing.

“Dalam nota kesepahaman tersebut nantinya disepakati segala bentuk konservasi, daya usaha air, hingga monitoring, dapat dilakukan daerah setempat,” ungkap wanita berjilbab hijau ini.

Terpenting, jika sudah disepakati, maka Pemkot setempat diperbolehkan menganggarkan untuk merawat dan melindungi situ diwilayahnya. **Baca juga: Pemerintah Dianggap Lemah Awasi Kawasan Resapan Air.

Tak hanya Situ Legoso, untuk tahun ini Kementerian PU juga akan melakukan normalisasi untuk Situ Perigi. Sehingga, situ tersebut diperhatikan kelestarian dan keberlangsungannya.(yud)

Berita Terbaru